Minggu, 19 Juni 2011

Air sumber kehidupan

Air merupakan sumber kehidupan, tidak diragukan lagi jika sekarang kita sedang mengalami krisis tersebut. Air sangat dibuthkan oleh semua makhluk hidup, dibutuhan untuk minum, mencuci, fotosintesis, proses metabolisme dll. Semua makhluk hidup memerlukannya selain sebagai pelarut terbaik juga air memiliki keajaibannya sendiri.

Air sangat penting bagi kesehatan, ada beberapa hal yang harus diketahui bagaimana karakteristik air :

1. Adanya organisme pathogen
Organisme pathogen yang terdapat dalam air biasanya dapat menyebabkan sakit seperti protozoa, bakteri, virus dan jamur beberapa diantaranya dapat ditularkan melalui air.

2. Adanya organisme non pathogen
Selain organisme pathogen dalam air, kita juga harus berhati – hati dengan organisme non pathogen, karena dapat merugikan kita jika dikonsumsi sebelum dimasak. Misalkan coliform, Actinomyces, algae, fecal streptococcus, iron bacteria, free living worms.

3.Air sebagai “breeding place” vector
Vector merupakan serangga yang dapat memindahkan kuman, sedangkan air merupakan tempat perindukan (breeding place), contohnya lipas dan nyamuk.

4.Air sebagai media penularan penyakit

Dengan adanya fakta bahwa bibit penyakit hidup dan ditularkan melalui air, maka air dapat dikategorikan sebagai media penularan peenyakit.

5.Air mengandung bahan kimia
Jika kita ingin mengkonsumsi air, berhati – hatilah terhadap kandungan yang terdapat didalamnya. Bahan kimia yang terdapat dalam air dapat berupa factor kimia organic maupun an organic. Terlarut dalam air bisa dikarenakan karena kejadian alam (udara, tanah) bisa juga karena kegiatan manusia (industri, smapah)

Misalnya dapat dilihat dari reaksi antara air yaitu H2O + X, dimana bilangan X ini merupakan zat – zat yang dihasilkan dari buangan air (limbah) oleh aktivitas manusia selama beberapa tahun. Dengan bertambahnya aktivitas manusia maka vaktor X dalam air akan bertambah pula dan ini merupakan masalah.
Factor X yang merupakan zat – zat kimia yang mudah larut dalam air dan dapat menimbulkan masalah ialah sebagai berikut :
Toksisitas dan rekasi kimia yang dapat menyebabkan pengendapan yang berlebihan, timbulnya busa yang menetap sehingga sulit dihilangkan, timbulnya respon fisiologis sehingga dapat mengubah rasa dan dapat merubah wujud fisik air.

Mudah- mudahan kita dapat lebih menjaga kesehatan kita dengan mengkonsumsi air yang kita minum, tidak sembarangan air, konsumsilah air yang sehat dan bersih

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...