Berbuka Dengan Sebutir Kurma

Posting Komentar
Kurma dalam bahasa kedokteran disebut Phoenik dactylifera sudah dikenal sejak dahulu seperti yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW, selain itu jika dilihat dari kandungan gizi tidak salah memah jika nabi menganjurkan kepada umatnya untuk berbuka dengan kurma. Terbukti dengan membiasakan makan buah kurma sangat baik dalam menjaga dan kesehatan tubuh selama berpuasa. Karena didalam kurma banyak mengandung vitamin, mineral, serat-serat gula monosakarida yang mudah diserap oleh tubuh untuk mengembalikan energi selama seharian berpuasa.



Selain rasanya yang manis karena terdapat gula monosakarida juga mengandung beragam vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Dalam setiap 100 gr kurma terkandung vitamin A 50 UI, tiamin 0,09 mg, ribovlafin 0,10 mg, niasin 2,20 mg dan kalium 666 mg. sedangkan mineral penting terkandung adalah magnesium, potassium dan kalsium.

Sebagai bahan pangan nabati, kurma tidak mengandung kolesterol, justru mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Lemak di dalam kurma ini akan membantu penyerapan vitamin A, D, E dan K didalam tubuh.

Keuntungan lain mengkonsumsi kurma adalah kandungan kaliumnya yang tinggi. Berdasarkan uji klinis, mineral kalium sangat baik untuk kesehatan jantung seperti menjaga denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur tekanan darah sehingga mengurangi resiko serangan stroke. Selain kalium juga mengandung senyawa sejenis hormone (potuchsin) yang dapat mengecilkan pembuluh darah dan mencegah pendarahan pada rahim, juga mengandung asam salisilat yang dapat mengendalikan hipertensi dengan mengatur kadar prostaglandin yang turut berperan dalam proses tekanan darah.

Kurma juga sangat tinggi akan serat, serat ini sangat membantu lancarnya proses pencernaan makanan dan mengikat zat – zat karsinogen penyebab kanker dalam tubuh.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga dibulan ini kita mendapatkan amal yang manis sepertihalnya buah kurma, wallahu’alam.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar