Sunat Menangkal HIV/AIDS

Posting Komentar
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa khitan pada laki – laki mengurangi risiko penularan hingga 68 %. Angka itu cukup bermakna karena aksin untuk HIV yang dinanti – nantikan amat mungkin mahal biayanya dan harus digunakan oleh sekitar 70% populasi dan hanya akan memberikan perlindungan 70 – 80 %. Nah, disekitar kita sebagai ummat muslim sudah ada kebiasaan yang merupakan kategori pencegahan, yaitu sunat, maka sudah sepatutnya kebiasaan itu ditingkatkan dan disebarluaskan.

Selama ini orang dikhitan atas alasan agama, namun dibanyak negara seperti Amerika serikat dan filipina, khitan didasarkan alasan kesehatan. Amat disayangkan biaya khitan sekarang ini cukup mahal, sehingga menurutnya perlu dipikirkan bersama agar tindakan itu lebih terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Tetapi perlu kita ingat meski sudah dikhitan jangan merasa aman untuk melakukan semua perbuatan beresiko karena daya lindungnya tidak 100%. Jadi yang paling aman adalah selain dikhitan, maka orang tersebut  tetap harus berprilaku sehat.

Sumber : Dokter Kita Edisi 8-THN VI – Agustus 2011 hal 10
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar