Atlantis "The Lost Eden" Ada Di Paparan Sunda

Posting Komentar
Tulisan ini akan membicarakan tentang Atlantis surga yang hilang, yang olehg Prof. Santos memperkirakan tepat berada di Indonesia. Namun Indonesia bagian mana? Yuk kita simak. :) 

Peradaban Atlantis Nusantara
Ini buku yang saya baca dengan judul PERADABAN  ATLANTIS NUSANTARA, belakangan nama Indonesia sering disangkutpautkan dengan nama Atlantis, benua yang hilang, Tanah Terlarang, dll. Kenapa Indonesia? Sedangkan Paparan Sunda meliputi Laut Cina Selatan dan Laut Jawa.

Ada beberapa referensi situs yang memang beliau inilah yang mengadakan seminar tentang ATLANTIS yang mengundang beberapa pakar.




Sebagai gambaran bahwa, Pusat Atlantis ini berada di tengah pulau Sumatra, keragaman bahasa Austronesia yang masih teka teki inilah yang membuat pakar memperkirakan Atlantis berada di wilayah Sundaland. "Umar Anggara Jenny, mengatakan bahwa Austronesia sebagai rumpun bahasa yang merupakan sebuah fenomena besar dalam sejarah manusia. Rumpun ini memiliki sebaran yang paling luas, mencakup lebih dari 1.200 bahasa yang tersebar dari Madagaskar di barat hingga Pulau Paskah di Timur. Bahasa tersebut kini dituturkan oleh lebih dari 300 juta orang. Pendapat Umar Anggara Jenny dan Harry Truman tentang sebaran dan pengaruh bahasa dan bangsa Austronesia ini juga dibenarkan oleh Abdul Hadi WM (Samantho, 2009)".

"Teori awal peradaban manusia berada di dataran Paparan Sunda (Sunda-Land) juga dikemukan oleh Aryo Santos (2005). Santos menerapkan analisis filologis (ilmu kebahasaan), antropologis dan arkeologis. Hasil analisis dari reflief bangunan dan artefak bersejarah seperti piramida di Mesir, kuil-kuil suci peninggalan peradaban Maya dan Aztec, peninggalan peradaban Mohenjodaro dan Harrapa, serta analisis geografis (seperti luas wilayah, iklim, sumberdaya alam, gunung berapi, dan cara bertani) menunjukkan bahwa sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko. Setelah melakukan penelitian selama 30 tahun Santos menyimpulkan bahwa Sunda Land merupakan pusat peradaban yang maju ribuan tahun silam yang dikenal dengan Benua Atlantis.

Dari kedua teori tentang asal usul manusia yang mendiami Nusantara ini, benua Sunda-Land merupakan benang merahnya. Pendekatan analisis filologis, antropologis dan arkeologis dari kerajaan Nusantara kuno serta analisis hubungan keterkaitan satu dengan lainnya kemungkinan besar akan menyingkap kegelapan masa lalu Nusantara".


Baca Atikel Populer lainnya :
Atlantis Surga yang Hilang
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar