Indramayu : Wamendag Tinjau Resi Gudang Indramayu

Posting Komentar
Gudang Beras

  INDRAMAYU, KOMPAS.com -- Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi meninjau sistem resi gudang, yang sudah dioperasikan dua tahun terakhir di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2012). Resi gudang diharapkan menjadi sistem pembiayaan andalan bagi petani.

"Saat ini pembiayaan resi gudang masih kecil. Dari 34 gudang yang kami kelola dengan nilai simpanan Rp 50 miliar, pembiayaanya belum ada setengahnya," kata Direktur Utama PT Pertani, Dwi Antono, selaku pengelola resi gudang.

Menurut Bayu, resi gudang seharusnya bisa diakses petani secara luas karena sistem itu menawarkan keuntungan yang lebih banyak. "Dengan menunda penjualan dan menyimpan gabah di resi gudang maka dalam tiga bulan paling tidak mereka mendapatkan tambahan keuntungan sekitar Rp 500 per kilogram," katanya.

Gudang di Indramayu berkapasitas 3.000 ton. Tahun 2011 tercatat 8.000 ton gabah yang masuk ke gudang. Angka tersebut naik empat kali lipat dibandingkan tahun 2010. Untuk biaya simpan petani dibebani Rp 25 per kilogram per bulan.

Sumber : Kompas.com, krjogja.com
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar