Promo Usaha Secara Offline dan Online

Posting Komentar
Bahan tulisan ini saya ambil dari detik Finance yang bertujuan untuk membagikan wawasan dalam berusaha secara Offline dan Online. Karena sayapun ada kecenderungan untuk terjun ke dalam bisnis dan usaha yang walaupun bukan untuk usaha clothing. Tapi yang saya ambil adalah sarinya, karena ada kemiripan dalam usaha apalagi dalam titik berat pada promonya.


Promo Offline:

Bisnis Offline

Pastikan lokasi toko strategis, yaitu mudah dijangkau oleh pengunjung, rapih dan bersih, produknya lengkap dan pelayananya ramah dan baik. Pada papan nama toko anda dan tampak luar, buatlah yang 'eye cathcing' yang menarik dan informasi lengkap tertulis sehingga ada ketertarikan pengunjung ingin datang.

Buatlah strategi pemasaran yang menarik dan secara berkelanjutan, misalnya bulan ini sedang ada promo, misalnya beli satu gratis satu atau beli satu dapat gratis hadiah menarik dan lain-lainnya.Pola semacam ini harus berkelanjutan, bisa satu bulan sekali atau tiga bulan sekali, promo yang berbeda sehingga pelanggan akan datang dengan rutin.

Kreatifkan produk anda, buat keunikan khusus produk pakaian anda, dan pastikan produk tersebut hasil kreatifitas anda yang tidak bisa didapati di toko lain. Dengan demikian anda tidak perlu menurunkan harga jual.

Buatlah paket-paket menarik sebagai nilai tambah penjualan. Misal saja paket busana muslim, jika membeli satu paket mulai jilbab, dress hingga rok panjangnya maka harganya akan lebih murah dibanding harus membelinya satu per satu. 

Coba pikirkan apa yang bisa dibuat secara paket dari produk-produk yang anda jual. Sebagai penjual anda tidak harus memaksa pengunjung membeli, namun anda harus berperan sebagai teman yang bisa menyarankan pakaian yang terbaik dan cocok untuk pengunjung, seperti layaknya anda sebagai konsultan penampilan untuk pengunjung. Dengan cara seperti ini pengunjung akan percaya dengan kemampuan anda dan akan mau membeli.

Bentuklah tim pemasaran yang kuat dan dapat menjalankan strategi-strategi pemasaran anda. Berikan edukasi dan prosedur yang standar sehingga mereka bisa jalankan.
Buatlah strategi aliansi pemasaran yang menarik dengan produk atau usaha lain yang sudah maju. Misalnya dengan beraliansi dengan restoran yang ada, beraliansi dengan sekolah-sekolah, beraliansi dengan komunitas ibu-ibu/remaja dan lainnya.

Promo Secara Online:

Bisnis Online
Pastikan toko anda mempunyai website, toko online dan sosial media lainnya seperti email, yahoo messenger, twitter, facebook, dan lainnya. Anda harus aktif dan siap 24 jam melayani mereka yang berkunjung ke media online anda.

Responlah dengan cepat atas semua pertanyaan, permintaan dan lainnya yang masuk secara online agar mereka mengetahui bahwa anda bisa dihubungi secara online dapat dipercaya.

Updatelah selalu website dan toko online anda secara periodik sehingga para pengunjung dan pelanggan selalu berkunjung kembali.
Aktiflah juga di akun twitter dan facebook anda, berikan informasi yang baik dan manfaat kepada follower anda dan informasi yang anda berikan tidak harus selalu berisi produk yang anda jual.

Ikutilah beberapa komunitas yang sesuai dengan produk anda di dunia online dan aktiflah didalamnya. Jaga krediabilitas anda di media online, anda harus terus membangun kepercayaan agar pengunjung mau bertransaksi dengan anda. 

Sekali-kali anda perlu untuk membuat ajang ketemuan dengan follower anda secara offline untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan sehingga meningkatkan profit usaha.


Dalam tulisan ini saya ucapkan terimakasih kepada detik finance (iim Rusyamsi), artikelnya sangat bermanfaat. Tulisannya saya posting di Blog saya. dan semoga tulisan ini bisa menjadi manfaat untuk kawan - kawan semua yang akan terjun ke dunia usaha dan bisnis. Googluck,,,,
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar