Berokan | Budaya Lebaran di Indramayu

Posting Komentar
Berokan

Setiap daerah mungkin punya kebiasaan - kebiasaan sendiri, seperti menjelang Ramadhan misalnya, di tempat saya masih ada istilahnya MUNGGAHAN. Mungkin di tempat - tempat lain juga ada kebiasaan untuk menyambut ramadhan ini.

Namun, apa yang terjadi selama Ramadhan ini? Di daerah saya, Indramayu setiap Ramadhan seringkali ada anak - anak yang mintain duit, ke setiap rumah - rumah, mereka di iringi talu - taluan dari apa saja, talu - taluan itu mengiringi juga BEROKAN. Yupz, berokan setiap orang yang memainkannya beda- beda.

Mungkin kalau di Jakarta ada Ondel - ondel, tapi di Indramayu adalah BEROKAN. Dengan wajah yang seram, kerap kali menakuti orang yang didatanginya. Misalnya Adek saya, yang juga kadang ketakutan kalo ada nih berokan lewat.

Macam - macam Berokan

Berokan dalam menjalankan aksinya di iringi oleh musik, kemudian ada yang meminta uang ke setiap orang yang mereka lewati. Dari mulai alat sederhana sampai dengan Organ yang mereka bawa.

Dapatkan sensasi Ramadhan dengan berokan di Indramayu, kegiatan ini dilakukan oleh siapapun dan semua kalangan. Ada anak - anak juga ada dewasa. Yang paling rame itu biasanya  H-7.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar