Mammografi

Posting Komentar
Mammografi


Mammografi adalah penggunaan sinar X untuk menangkap gambaran struktur bagian dalam payudara.  Pemeriksaa ini bermanfaat untuk mendeteksi adanya kanker payudara sejak dini, pada tahap yang masih bisa diobati bahkan sebelum penderita merasakan gejala.

Ada dua jenis Mammograafi, yaitu screen-film mammography dan full-field mammography. Pada screen-film mammography, gambaran sinar X terlihat melalui kaset berisi screen dan film yang harus di cetak. Hasil pemeriksaan disebut dengan mammogram.
Sedangkan pada full-field mammography, sinar X yang menembus payudara dihantarkan ke suatu reseptor, yang kemudian mengubah informasi yang diterima menjadi gambar digital.

Tentunya mammografi menyebabkan paparan terhadap radiasi meski dalam dosis kecil. Namun manfaatnya dalam mendeteksi kanker payudara sejak dini dianggap lebih besar daripada resiko radiasi.

Sumber : majalah Dokter Kita. Edisi 8 - Edisi VIII - Agustus 2012, Halaman 23
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar