Nilai Sel Darah (Leukosit, Eritrosit, Hb) pada Hewan

Posting Komentar
Ilustrasi


Hari ini saya dapet SMS dari sebuah klinik swasta di daerah Terisi, Indramayu. Pesan singkat itu berbunyi "kalo periksa DR, Widal pada hewan ngitungnya gimana? sama ngga dengan manusia?" Nah, saya pun diam sejenak, saya bilang "Baru denger bu?" coba cari, harus sampe dapet, wah,, si Ibu nih, hahah

ya, mau ngga mau saya nyari dong, akhirnya saya buka Notebook, cari di paman Google "Hitung sel darah Hewan", tingtong,,, ternyata ada, hahaha, maklum saya analis kesehatan, bagian klinis tapi khusus pemeriksaan cairan tubuh manusia.

Ternyata memang ada, pememriksaan sel darah pada Hewan, nah saya buka blognya Swastika (http://swastika-oktavia.blogspot.com/2011/10/pengukuran-jumlah-eritrosit-leukosit.html). Mungkin Swastika adalah mahasiswa yang terjun pada dunia Hewan, :D 

Kembali ke dunia hewan, di Indramayu memang belum banyak yang bener - bener mencintai hewan, seperti adanya klinik hewan, laboratorium klinik hewan. Makanya si Ibu ini dia nanya tentang pemeriksaan karena di sampingnya ada dokter Hewan, yang memang di Indramayu belum ada klinik Hewan.

Okeh, lanjut tentang Nilai Normal dari hitung sel - sel darah pada Hewan

1. Sel Darah Merah (eritrosit) 
    - Ikan : 50.000 - 3.000.000 sel/mm3
    - Ayam Betina : 2.720.000 sel/mm3
    - Ayam jantan : 3.230.000 sel/mm3
    - Mencit : 4x10(6) - 6x10(6)  sel/mm3
    -

2. Sel Darah Putih (leukosit)
    - Mammalia : 4.000.000 - 11.000.000 sel/mm3
    - Ayam : 16.000 - 40.000 sel/mm3
    - Ikan : 20.000 - 150.000 sel/mm3

3. Hemoglobin  (Hb)
   - Ikan : 12 - 14 Hb/100 mL
   - mencit : 10 - 14 g/ml


Cara kerja :
Sama dengan pemeriksaan pada umumnya di laboratorium klinik.

Alhamdulillah dapat ilmu baru, semoga ilmu ini berguna juga bagi banyak temen, untuk yang masih penasaran silahkan kunjungi weblognya Swastika Octavia

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar