Apa itu CD4? | Infeksi Sexual

Posting Komentar

CD 4 adalah sebuah marker atau penanda yang berada di permukaan sel-sel darah putih manusia, terutama sel-sel limfosit. CD 4 pada orang dengan sistem kekebalan yang menurun menjadi sangat penting, karena berkurangnya nilai CD4 dalam tubuh manusia menunjukkan berkurangnya sel-sel darah putih atau limfosit yang seharusnya berperan dalam memerangi infeksi yang masuk ke tubuh manusia.

Pada orang dengan sistem kekebalan yang baik, nilai CD4 berkisar antara 1400-1500. Sedangkan pada orang dengan sistem kekebalan yang terganggu (misal pada orang yang terinfeksi HIV) nilai CD 4 semakin lama akan semakin menurun (bahkan pada beberapa kasus bisa sampai nol).

Fungsi sel CD4

Sel yang mempunyai marker CD4 di permukaannya berfungsi untuk melawan berbagai macam infeksi. Di sekitar kita banyak sekali infeksi yang beredar, entah itu berada dalam udara, makanan ataupun minuman. Namun kita tidak setiap saat menjadi sakit, karena CD4 masih bisa berfungsi dengan baik untuk melawan infeksi ini. Jika CD4 berkurang, mikroorganisme yang patogen di sekitar kita tadi akan dengan mudah masuk ke tubuh kita dan menimbulkan penyakit pada tubuh manusia.

Sel-sel CD4 yang dibuat di limpa, kelenjar getah bening, dan kelenjar timus, yang merupakan bagian dari sistem getah bening atau melawan infeksi. Sel CD4 bergerak ke seluruh tubuh Anda, membantu untuk mengidentifikasi dan menghancurkan kuman seperti bakteri dan virus.

Pemeriksaan CD 4

Pemeriksaan CD 4 dilakukan oleh petugas / tenaga ahli di bidang Laboratorium Kesehatan, seperti di Lab Klinik Rujukan atau Rumah Sakit Rujukan untuk pemeriksaan B20. 

Di sini saya akan mengambil beberapa contoh pemeriksaan CD 4 yang biasa dilakukan. 
Pertama : Anda akan di ambil darah melalui pembuluh darah vena (lengan)
Kedua : Darah disimpan dalam tabung tanpa Antikoagulan.

Tujuan Pemeriksaan Cd4 adalah Menunjukkan seberapa kuat sistem kekebalan tubuh, Menunjukkan tahap infeksi HIV, Memandu Pengobatan dan Memprediksi perkembangan penyakit. Menjaga nilai CD4 yang tinggi dapat mengurangi komplikasi penyakit HIV dan memperpanjang hidup Anda.

Nilai Normal CD4 :
Jumlah CD4 dilaporkan sebagai jumlah sel dalam satu milimeter kubik darah. Jumlah CD4 yang normal adalah dari 500 sampai 1.500 sel per milimeter kubik darah. 
Hal ini lebih penting untuk memperhatikan pola hasil daripada setiap hasil satu tes.

Alat Test Cd4

Pemeriksaan Kualitatif

The Burnet Institute CD4 Test | https://www.burnet.edu.au
Pemeriksaan ini menggunkanan kaset. Produsen The Burnet Institute berasal dari negara Australia. 


Alere Pima ™ CD4 

Alere Pima ™ merupakan alat untuk pemeriksaan CD4, terdapat dua produk buatan Alere Pima  ™, yaitu CD4 Cartridge dan Alat pemriksaan. 

Alere Pima Catridge | http://www.alere.co.uk/

Reagen kering disegel dalam cartridge tes Alere Pima CD4 mengandung CD3 dan CD4 penanda deteksi. Setelah cartridge dimasukkan ke dalam Analyser reagen yang dilarutkan ke dalam sampel darah. Pada saat ini sampel berinteraksi dengan CD3 dan CD4 antibodi monoklonal spesifik masing-masing diberi label dengan pewarna fluorescent yang berbeda. 

Pengambilan Sample darah | http://www.alere.co.uk/
Sel T-helper akan secara otomatis terdeteksi dengan menentukan mana sinyal neon dari kedua CD4 dan CD3 antibodi yang ditemukan pada sel yang sama. Sampel bernoda kemudian menyebar sepanjang saluran deteksi untuk menunggu pengambilan gambar. Sinyal co-terletak di dalam saluran deteksi yang kemudian dihitung dan berkorelasi terhadap volume saluran deteksi dan CD4 mutlak hitungan ditampilkan dalam Sel / uL kanan pada layar analyzer. 


Alere Pima ™ CD4 Analyser

Alere Pima ™ CD4 Analyser | http://www.alere.co.uk/
Alere Pima CD4  Analyser adalah titik portabel perangkat perawatan provding hitungan CD4 mutlak hanya dalam 20 menit. Ini mempekerjakan analisis citra dan menghitung prinsip statis sama dengan teknologi pencacahan CD4 yang ada, dalam paket kompak, portabel dan kuat. 

Alere Pima ™ CD4 Analyser | http://www.alere.co.uk/
Dirancang untuk memenuhi kebutuhan para profesional kesehatan di Klinik Kesehatan Seksual, masyarakat dan laboratorium. The Alere Pima analyzer adalah alat yang terjangkau, efektif dan berharga dalam pengelolaan pasien HIV.
Baca juga :
Ahli Mikrobiologi : Ponsel Lebih Kotor dari Toilet
 Lima Mitos tentang Rambut Kemaluan
Menjaga Kesehatan Vagina dengan 6 Makanan Ini
 Suka Makan Es krim & Nugget? Awas Bahaya Kanker Mengancam!

Sumber : 
http://aids-ina.org/modules.php?name=FAQ&myfaq=yes&id_cat=1&categories=HIV-AIDS
http://www.webmd.com/hiv-aids/cd4-count-what-does-it-mean
http://www.alere.co.uk/sexual-health/alere-pimatm-cd4-test-cartridge-305/product-listing.htm

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar