Tahun 2017, Dunia Islam Miliki Vaksin Halal

Posting Komentar

Vaksin | http://www.republika.co.id/
REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Mimpi umat Islam di seluruh dunia mendapatkan vaksin halal segera terwujud. Sebuah perusahaan farmasi terkemuka Malaysia telah mengumumkan rencana untuk merilis vaksin halal pada tahun 2017.

"Kami telah menemukan cara untuk membuat vaksin halal, dan berharap bisa menyelesaikannya secepat mungkin," ungkap Jamil Bidin, CEO Halal Industry Development Corporation (DC), seperti dilansir arabnews.com, Jumat (11/4). Vaksin yang dimaksud meliputi meningitis, hepatitis dan meningokokus.

Dengan anggaran 100 juta dolar AS, HDC akan mengandeng perusahaan Arab Saudi guna menggarap tiga vaksin tersebut. "Saya kira vaksin halal akan menghilangkan kekhawatiran dan keraguan di kalangan umat Islam,." ungkap Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia, Datuk Seri Mustapa Mohammed.

Nantinya, vaksin halal tersebut akan diekstrak dari hewan yang disembelih sesuai dengan syariat Islam. Adapun hewan yang diekstrak bukanlah babi. 

Apabila ini terwujud, vaksin halal ini akan menjadi solusi menguntungkan bagi dunia Islam, baik dari segi kesehatan maupun bisnis. Proyeksinya sangat jelas, yakni dunia Islam berkeinginan untuk tidak tergantung vaksin dunia barat. Selama ini, dunia Islam selalu tergantung dengan vaksin buatan barat yang diragukan status kehalalnya. 

"Malaysia akan bermitra dengan Turki guna mengatasi perbedaan dalam sertifikasi halal sekaligus membuat standar baru yang akan diterapkan di semua negara OKI , " kata Bidin.

Untuk jangka pendek, pengembangan tiga vaksin itu akan mendahulukan vaksin bagi para jamaah haji. Ini mendesak untuk dipenuhi. Apalagi, vaksin yang ada sekarang ini membutukan alternatif lain yang memberikan rasa nyaman dan tenang kepada para jamaah haji.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/14/04/11/n3uzaq-tahun-2017-dunia-islam-miliki-vaksin-halal
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar