Konsumsi Alkohol Berlebihan Jangkit Kangker Hati

Posting Komentar
http://tremendousnews.com/

Metroterkini.com - Sebagai pencandu minum berakohol bagaimana cara supaya minuman beralkohol ini tidak sampai mengakibatkan kanker hati, sejumlah pakar kesehatan menyebutkan kanker hati disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, selain itu juga ada pembuktikan manfaat minuman beralkohol bagi kesehatan, namun kontranya disebabkan virus hepatitis.

Penelitian membuktikan, kebiasaan minum atau wine dapat mengurangi risiko kematian, penyakit jantung, kanker, atau kadar inflamasi. Terbukti, orang dengan kadar resveratrol yang paling tinggi tidak lebih sehat daripada orang dengan kadar senyawa tersebut yang terrendah.

Menurut Dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) L A Lesmana mengatakan, konsumsi minuman beralkohol tidak lantas menyebabkan kanker hati, asalkan tidak diminum berlebihan.

"Misalnya hanya diminum sebatas social drink, minuman beralkohol tidak akan membahayakan kesehatan," ujarnya.

Menurut Lesmana, orang yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol hanya pada kesempatan-kesempatan tertentu belum ada yang berujung pada sirosis atau pengerasan hati.

"Kondisi ini memperbesar risiko kanker hati, meskipun tidak semua kasus sirosis bermuara pada kanker hati," Jelasnya.

Misalnya penelitian baru-baru ini yang mengungkap kandungan resveratrol di red wine dapat memberikan efek antipenuaan pada daya ingat seseorang.(kr)

Sumber : metroterkini.com
http://metroterkini.com/berita-8979-konsumsi-alkohol-berlebihan-jangkit-kangker-hati.html
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar