Sutiman dari Unibraw Tawarkan Vaksin Ebola dari Bahan Tembakau

Posting Komentar

MALANG, KOMPAS.com — Guru Besar Bio Cell Universitas Brawijaya Malang Profesor Sutiman mengungkapkan, tembakau yang tumbuh di sejumlah wilayah di Tanah Air bisa untuk menangkal virus ebola yang saat ini sedang hangat diperbincangkan dan belum ada obatnya.

"Virus ebola itu memang mirip penyakit HIV/AIDS yang masih belum ditemukan obatnya. Namun, untuk mencegah agar virus tersebut tidak sampai meluas, sebenarnya cukup mudah, yakni dengan tembakau yang diolah menjadi vaksin," kata Sutiman di Malang, Senin (25/8/2014).

Menurut Sutiman, virus ebola menular lewat kontak badan atau ludah dan bisa merusak sistem peredaran darah hingga pembuluh darah pecah. Gejala serangan virus ebola pada seseorang, di antaranya, ditandai dengan badan terasa panas selama dua hari hingga tiga pekan, tenggorokan sakit, otot linu-linu, kepala pening, muntah-muntah, dan diare.

Serangan virus ebola tersebut, kata pendiri Rumah Sehat dengan terapi rokok itu, bisa mengakibatkan fungsi hati dan ginjal menurun serta darah keluar dari kulit.

Berdasarkan catatan WHO dari 1.716 kasus yang terkena virus ebola, 1.350 penderita di antaranya meninggal. Warga meninggal akibat virus ebola tersebut menjangkit di Afrika Barat, Brinee, Guinea, Sierra Leone, Liberia, Negeria, dan sejumlah negara di Benua Afrika.

"Kalau melihat kondisi itu, kan sangat mengerikan, apalagi obatnya belum ada dan belum ditemukan," ujar Sutiman.

Lebih lanjut, Sutiman mengatakan bahwa tembakau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal itu sudah diketahui sejak tembakau kali pertama ditemukan di Amerika Serikat. Sejak tahun 1500 M hingga kini, orang-orang Eropa membawa tembakau Amerika itu ke Eropa untuk dibuat menjadi obat.

Menurut dia, selain dipakai untuk mengobati beberapa jenis penyakit, tembakau juga bisa dibuat menjadi vaksin untuk mencegah virus ebola. Khusus virus ebola, di dalam tanaman tembakau tersebut terdapat tobacco mosaic virus, dan itu bisa disisipi gen antibodi untuk antiebola. Jadi, kata dia, tanaman tembakau tersebut bisa memproduksi vaksin antiebola.

"Oleh karena itu, kalau dipercaya dan ditunjuk membuat vaksin tersebut, kami dari Universitas Brawijaya (UB) Malang ini sangat siap," tekan dia.

Hanya, Sutiman mengatakan bahwa pengembangan vaksin tersebut di pasaran sangat sulit. Persoalannya sangat kompleks, meski dia yakin bahwa di balik kehebohan virus ebola itu akan muncul vaksin baru, seperti vaksin meningitis yang sebelumnya juga ramai menjadi perbincangan, ketika menjelang musim haji beberapa tahun lalu.

Menurut dia, Indonesia selalu menjadi pasar potensial untuk vaksin virus ebola itu. "Bayangkan, berapa juta orang yang harus divaksin. Itu kan binis. Padahal, pembuatan vaksinnya sangat mudah, dan bahan bakunya dari tembakau yang tumbuh subur di Indonesia," kata dia.

Oleh karena itu, dia meminta semua pihak, terutama pemerintah, tidak mudah termakan kampanye global yang bisa memusnahkan kekayaan hayati tembakau di Indonesia karena Indonesia memiliki varietas tembakau yang jenisnya banyak dan tidak dimiliki di belahan dunia lain.

Ada jenis tembakau Indonesia yang tidak bisa hidup di daerah lain, seperti tembakau madura, jember, dan tembakau temanggung. Berdasarkan kondisi tersebut, wajar bila Belanda sangat senang saat menjajah Indonesia sebab tembakau yang aslinya berasal dari Amerika Serikat, lalu dibawa ke Eropa, itu sudah bisa dijadikan obat sejak tahun 1500 M.

Ia mengatakan, kondisi jangka panjang dan dampak luasnya semestinya dipelajari agar tidak sampai merugikan negara, seperti yang sudah terjadi pada minyak kelapa.

"Jadi, kampanye terkait dengan tembakau ini jangan ngawur, apalagi sampai memusnahkannya karena mematuhi ketentuan tar dan nikotin dunia yang sebenarnya hanya dilatarbelakangi persaingan bisnis semata."

Sumber : http://regional.kompas.com/read/2014/08/25/11504491/Sutiman.dari.Unibraw.Tawarkan.Vaksin.Ebola.dari.Bahan.Tembakau
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar