Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Posting Komentar



Ilustrasi Anak Bermain Hujan. (Sumber : http://www.photographytuts.com)

Musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober sampai April. Musim hujan di Indonensia disebabkan oleh hembusan Angin Muson Barat yang bertiup dari Benua Asia yang bertekanan maksimum ke Benua Australia yeng bertekanan minimum. Angin Muson Barat ini banyak membawa uap air, sehingga di sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim hujan.

Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.

Memasuki musim hujan juga kita harus mempersiapkan payung dan jas hujan agar tidak basah saat hujan turun. Meski pagi hari matahari tampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu nasib cuaca sore hari dan jangan lupa membawa pakaian yang hangat supaya anda tidak merasa dingin pada saat hujan.

Pada saat musim hujan kita bisa terserang penyakit flu, batuk, demam, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan tubuh agar terserang dari penyakit tersebut. Berikut tips untuk menjaga kesehatan dimusim hujan.

Konsumsi Vitamin
Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah.

Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin untuk menjaga kestabilan sistem imun. Konsumsi vitamin, terutama vitamin C. Anda bisa juga anda memperoleh vitamin C secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Udara dingin membuat rasa haus jarang terjadi. Untuk itulah kita dianjurkan untuk minum air putih karena walaupun musim hujan kebutuhan cairan didalam tubuh tetap sama pada saat musim kemarau.

Dengan minum air putih ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus mengkonsumsi air putih sedikitnya 1,5 liter perhari. Selain konsumsi air putih, Anda juga meminum air hangat atau air jahe agar membuat tubuh Anda menjadi lebih hangat.
Baca juga :
Diet untuk Kesehatan Gigi, Penasaran? 
Terinfeksi Bakteri Air Keran, Pengguna Lensa ini Jadi Buta
Anakku Sembelit, Susah Buang Air Besar  

Menjaga Kebersihan Tubuh
Saat musim hujan, kuman dan bakteri akan berkembang biak karena kelembapan yang begitu tinggi. Tangan merupakan media paling umum masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh. Secara tidak sadar anda akan lebih banyak memasukkan kuman dan bakteri kedalam tubuh melalui tangan seperti makan menggunakan tangan, menyentuh orang lain, menyentuh barang yang kotor dan sebagainya.

Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya Anda menjaga kebersihan, utamanya kebersihan pada tangan. Sebelum makan pastikan Anda sudah mencuci tangan. Bila Anda tidak sempat untuk mencuci tangan, sebaiknya bawah Hand Sanitizer kemanapun.

Jaga Asupan Makan
Pada saat musim hujan, Anda harus tetap mengontrol makanan Anda. Usahakan mengkonsumsi makanan bergizi selama musim hujan. Makanan yang hangat dan berkuah juga lebih baik untuk Anda, misalnya coto, bakso, sop, dan makanan lainnya. Selain bergizi, makanan tersebut akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Perhatikan Pola Tidur
Saat musim hujan, Anda biasanya akan merasa ngantuk akibat cuaca yang dingin. Ketika rasa ngantuk menyerang Anda, sebaiknya Anda meluangkan waktu istirahat dan tidurlah secukupnya. Namun, jangan tidur dengan waktu atau porsi tidur yang berlebihan karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot.

Hindari Begadang
Tidur yang teratur dapat menjaga daya tahan tubuh Anda. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Untuk itu, Anda harus tidur yang cukup dimalam hari karena waktu tidur dimalam hari tidak dapat digantikan disiang hari.

Jaga Kebersihan Lingkungan
Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat, dan jika mengendap di halaman rumah Anda, bisa membawa penyakit. Bersihkan lingkungan pada tempat yang berpotensi menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang biak.

Sumber : 
Kabar Makassar. 2016. Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan. Diakses tanggal 6 Desember 2016. Link ; http://kabarmakassar.com/tips-menjaga-kesehatan-di-musim-hujan/


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar