Baterai Lipat Ini Berasal dari Bahan Bakteri Air Limbah

Posting Komentar
Baterai menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang yang memiliki Smartphone. Terkadang kita sangat membutuhkan baterai cadangan di saat darurat gak ada tempat untuk mengisi daya.

Ilmuwan telah mengembangkan baterai bertenaga bakteri dalam bentuk selembar kertas. Baterai ini, menurut mereka, bisa menjadi sumber listrik murah dan mudah diproduksi untuk sensor medis di daerah terpencil dan berkembang.

Baterai kertas tersebut, yang dapat dilipat, merupakan contoh nyata terbaru dari apa yang dikenal sebagai baterai-bio, yang menyimpan kekuatan yang dihasilkan oleh senyawa organik. Dalam hal ini, daya tersebut dihasilkan oleh bakteri yang umumnya ditemukan dalam air limbah.
Baterai-Lipat (Sumber : https://www.babatpost.com)


Desain berbasis kertas sengaja dipilih lantaran merupakan bagian dari bidang penelitian baru yang disebut papertronics, yang seperti namanya, merupakan perpaduan kertas dan elektronik.

Komponen sederhana yang dibutuhkan untuk membuat jenis-jenis elektronik berbasis kertas terbilang mudah didapat di daerah terpencil di dunia, yang bisa menjadi cadangan listrik andal di tempat-tempat di mana jaringan listrik atau baterai konvensional tidak tersedia.

“Papertronics baru-baru ini muncul sebagai cara sederhana dan murah untuk menjadi sumber tenaga sensor diagnostik point-of-care,” kata Seokheun “Sean” Choi, seorang engineer dari Binghamton University, sebagaimana dikutip dari Science Alert, Jumat (30/12/2016).

Untuk menghasilkan baterai itu, mereka meletakkan pita perak nitrat pada selembar kertas kromatografi. Di atas kertas itu, mereka menempatkan lapisan lilin tipis untuk membuat katoda–elektroda positif baterai.

Di sisi lain kertas, tim ilmuwan membuat reservoir dari sebuah polimer konduktif, yang bertindak sebagai sebuah anoda (elektroda negatif), setelah diisi dengan beberapa tetes cairan air limbah yang mengandung bakteri. Ketika kertas dilipat, sehingga katoda dan anoda bersentuhan, baterai ini pun menjadi bertenaga berkat metabolisme bakteri, yang juga dikenal sebagai respirasi sel.

Ini bukan pertama kalinya ilmuwan telah bereksperimen dengan desain baterai. Tahun lalu, tim ilmuwan dari AS dan Tiongkok memamerkan baterai lithium-ion berbentuk origami. Ada pula tim ilmuwan Swedia yang mengembangkan sesuatu yang disebut “kertas daya” (power paper), sebuah lembaran yang terbuat dari selulosa dan polimer yang mampu menyimpan energi.

Sumber :
Babatpost. 2017. Baterai Lipat Ini Berasal dari Bahan Bakteri Air Limbah. Diakses tanggal 3 Januari 2017. Link ; https://www.babatpost.com/2016/12/31/37971-wow-baterai-lipat-berasal-dari-bahan-bakteri-air-limbah.html
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar