Biaya Ke Yogyakarta Murah ala Backpacker (Berwisata Dari Indramayu Ke Yogyakarta)

Posting Komentar

Buat kamu yang pengen jalan - jalan ke Yogyakarta,selain ke Malioboro kemana lagi sih yang patut kita kunjungi dengan bajet murah?

Perjalan ini membutuhkan waktu 2 Hari 1 Malam, menggunakan transportasi kereta yang memang ekonomis. Sebagai backpacker pilihan kereata api adalah sangat tepat. Namun, ada juga yang memang ngompreng  yaitu pindah dari satu angkutan ke angkutan lain secara gratis. 

Nah, kalau saya menyarankan naik kereta. Kita harus beli tiket kreta paling cepet itu 90 hari sebelum keberangkatan. Kenapa? biar dapat tiket murah :) Bisa juga dua hari sebelum keberangkatan agar bisa pesan online. Usahakan beli online di situs tiket kereta api, atau menghubungi (021) 121. Saran Saya, Usahakan beli tiket untuk Pulang Pergi sekaligus.



Dari Indramayu ke Yogyakarta menggunakan Kereta Api, Kita start dari Jatibarang. 

Bagi Kamu yang punya motor bisa bawa motor dari rumah, dititipkan distasiun. Penitipan motor sehari semalam adalah Rp. 10.000 untuk saat ini, mungkin nanti ada kebijakan lain.

Tiket kereta api Gajah Wong Rp. 145.000/orang. Untuk memudahkan akses mending Kamu turun di Stasiun Tugu Yogyakarta. Jalan Malioboro bisa ditempuh sekitar 5 (lima) menit dari stasiun Yogyakarta dengan berjalan Kaki.

Efektifnya, Kamu dari Indramayu itu Pagi jam 8.30. Sampai di Yogyakarta itu sekitar jam 15.00. Kamu bisa menikmati suasana sore hari di Yogyakarta khususnya jalan Malioboro dan situasi malam nya.

Sesampainya di Malioboro, bisalah mengabadikan foto di situ sambil bersantai - santai duduk melihat kanan - kiri, ramainya pedagang dan pengamen sambli duduk - duduk di pinggir jalan. Karena badan jalan memang sudah disediakan tempat duduk.

Sekitar pkl. 17.00 mulai deh cari penginapan. Banyak pilihan penginapan, mulai dari harga dibawah Rp. 100.000 sampai dengan yang high class. Karena, saat ini Kita sedang berwisata ala backpacker, maka Saya sarankan mencari motel di sekitaran malioboro, di jalan Sosrowijayan. Disitu banyak motel murah sekitar Rp. 100ribuan, ngga jauh dari Stasiun tugu.

Bagaimana kalau kereta yang kamu tumpangi, di tiket turun nya di Stasiun Lempuyangan? ya turun saja di Stasiun Tugu Yogyakarta, karena Stasiun lempuyangan itu melewati stasiun Tugu. Bagaimana kalau ngga berhenti di Stasiun Tugu? gampang, keluar naik Taksi :)

Taksi dari lempuyangan ke Malioboro sekitar Rp.15ribu, tapi kalau taksi ada batas minimalnya, Rp. 20ribu. Nah, kenapa ngga saya sarankan naik Becak motor? karena tarif becak motor lebih mahal dari Taksi, kemarin saja (08 januari 2017) Saya nanya mau ke Lempuyangan dari Malioboro itu Rp. 30.000.

Maaf Perutnya ngga bisa di kontrol :D wkwkwkw


Prambanan Temple, Objek Wisata yang Bisa dilalui Trans Jogja.

Kamu bisa bangun pagi sekitar jam 08.00 dan mencari makan disekitar jalan Sosrowijayan, disitu ada angkringan pagi sampai malam. Atau mau cari oleh - oleh bisa menggunakan ojek Beca Motor. Biasanya kalau wisatawan pagi muter - muter berfariatif. Enaknya pagi Kamu makan disekitaran Sosrowijayan, sekitar jam 09.00 Kamu bisa muter - muter cari oleh - oleh seperti Bakpia, dll.

Ingat, karena Kamu backpacker membeli oleh - oleh Backpia bukan pilihan. Karena harga Backpia itu sekitar Rp. 40.000/pak-nya. Kebayang kalo kamu mau beli buat saudara di rumah? hehehe Bisa habis Rp. 500ribuan.

Beli cinderamata di daerah  Malioboro lebih bijak, karena masih ada barang - barang yang murah.

Setalah jam 09.00 Kamu bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta, karena Keraton buka mulai Pkl. 09.00 s.d 14.00. Kalau dari Sostrowijayan itu menyusuri Malioboro bisa berjalan sekitar 15 menitan. Persiapkan Tiket untuk keraton, pintu pertama Rp. 5.000, kemudian jika mau melanjutkan ke pintu selanjutnya, Rp. 10.000.


Setelah menikmati kemegahan keraton, bisa istirahat dan menyejukkan hati di Masjid Gedhe Kauman. Nah, setelah istirahat arget selanjutnya adalah Candi Prambanan.

Di dekat Stasiun Tugu ada Halte Trans Jogja. Nah dari Keraton ke Stasiun Tugu itu dekat. Jalan kaki saja.

Kalau ngga salah, TJ ke Prambanan itu ngga pindah - pindah mobil TJ. Jadi kamu cukup duduk manis setelah membayar Tiket masuk sebesar Rp. 3.500 untuk wisatawan bisa sampai ke Halte Candi Prambanan.

Dari Halte Candi Prambanan ke Pintu masuknya cukup jauh, jadi alternatifnya bisa menggunakan becak atau kalau kamu mau jalan kaki ya ngga apa - apa.

Masjid Gedhe Kauman, Keraton Yogyakarta


Tiket masuk ke Candi Perambanan Rp. 30.000, jika kamu mau ambil paket dengan wisata ke Candi Ratu Boko, dll dikenakan biaya Rp. 50.000. Berangkatnya dari Candi Prambanan menggunakan mobil khusus dari dinas pariwisata setempat.

Pesona kemegahan candi prambanan masih terasa. Warisan budaya ini memang harus benar - benar dijaga. Karena Candi prambanan yang berdiri tegak dan perhitungan yang sangat tepat membuat candi ini layak menjadi kebanggaan Indonesia.

Nah, perjalan dua hari satu malam di Yogyakarta Kita sudah selesai. Kamu bisa menggunakan kereta malam dari yogyakarta sekitar Pkl. 19.00 atau Pkl. 23.00. Sampai ke Indramayu sekitar pkl. 02.00 atau Pkl. 06.00.

Terimakasih sudah membaca blog sederhana Saya, semoga pengalaman Saya bermanfaat buat Kalian yang mau ke Yogyakarta dengan biaya minim :)

Oke Mari Kita hitung Rincian Biaya Perjalanan Kita ya :)

- Pentipan motor di Jatibarang (3 hari)          Rp.   30.000
- Tiket Kereta Api (Gajah Wong)                  Rp. 145.000      
- Motel pake kipas, ada Tv                            Rp. 150.000
- Makan Malam                                             Rp.   50.000
- Oleh - oleh (Gantungan Kunci)                  Rp. 100.000
- Makan Pagi (angkringan)                            Rp.  50.000
- Tiket Keraton Yogyakarta  (2x)                  Rp.  20.000
- Tiket Trans Jogja (PP)                                Rp.     7.000
- Tiket Masuk Candi Prambanan                  Rp.   30.000
- Tiket Kereta Jaka Tingkir Ekonomi           Rp. 165.000
- Lain - Lain                                                  Rp. 100.000
TOTAL                                                         Rp. 847.000      
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar