Catatan Sisa Seminar dan Muscab Kabupaten Indramayu Tahun 2017

Posting Komentar
Sebagai seorang ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik), Saya diwajibkan mengumpulkan SKP untuk memperpanjang STR sebagai tanda legalitas Saya dalam pengabdian kepada negara. Dan apa yang Saya lakukan adala legal dan sah. Selain itu, tuntutan untuk terus memperbaiki dan menjalankan ke-organisasian dalam tubuh organisasi profesi tingkat DPC juga harus terus dilakukan.

Dalam persiapan acara Seminar dan Muscab ini Saya merasa tim DPC Patelki Indarmayu sangat solid, sehingga pada hari H acara cukup berjalan baik dan terencana. Acara Seminar rencananya dibuka oleh Bupati Indramayu, namun beliau berhalangan hadir, namun acara berlanjut dengan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Indramayu, dr. H. Deden Boni Koswara. 

Dok. Pribadi
Beliau mengapresiasi kegiatan ini, dan akan mendegar keluhan teman - teman TLM di Indramayu. Semoga saja Kita yang di Organisai Profesi terus berperan aktif dalam melayani dan memfasilitasi segala kebijakan - kebijakan baik dari TLM dan dari pemerintah.

Seminar dan Muscah ini dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2017, bertepatan dengan miladnya istri Saya. Pada acara tersebut sebagai pembicara ada dari DPP yaitu Pak Entuy, ada juga Pak Edi, Dotker Iin dan Ibu Emma. 

Tema materi yang Kami angkat adalah tentang "Peningkatan Mutu dalam Bidang Hematologi Analyzer (Automatis)", Kenapa Kami mengangkat tema ini, karena perkembangan metode, teknologi saat ini sangat pesat, sehingga TLM perlu untuk terus beradaptasi dengan perubahan ini. Dimana pada permenkesnya dinyatakan bahwa TLM ini harus menguasai metode apa yang baik untuk dilakukan.

Peningkatan kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia laboratorium, semisal pembacaan histogram, dsb. Kemampuan ini akan menjadi nilai tambah bagi TLM dalam spesialisasinya pada bidang hematologi medik. 

Semoga, TLM lain tidak hanya terpaku dengan perkembangan zaman ini, namun dituntut untuk terus beradaptasi dengan perubahan zaman. Contoh lain adalah perkembangan dalam bidang kimia klinik, mikrobiologi, immunologi, dan tentunya hematologi. Mungkin, suatu saat nanti setiap ATLM akan meningkatkan kompetensinya dalam bidang yang lebih mengerucut seperti Hematologi, Kimia Klinik, Immunologi, Bakteriolagi. 

Demikian catatan dari Saya, sebuah catatan ringkas hasil dari hasil seminar dan muscab DPC Patelki Kabupaten Indramayu tahun 2017. 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar