Apa Itu Sinusitis? Dan Pengobatan Secara Tradisional (Herbal)

Posting Komentar
Sinusitis, dikenal juga sebagai rhinosinusitis, adalah pembengkakan dari sinus (terdapat 6 sinus, 3 di kiri dan 3 di kanan). Dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, atau masalah-masalah auto imunitas. Jika disebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 10 hari. 

Sinusitis berasal dari akar bahasa Latinnya, akhiran umum dalam kedokteran itis berarti peradangan karena itu sinusitis adalah suatu peradangan sinus paranasal. Di sekitar rongga hidung terdapat empat sinus yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi).

Sumber : Wikipedia.

Sinusitis adalah peradangan, atau pembengkakan, dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

Secara klinis sinusitis dibagi atas berbagai jenis, termasuk:
  1. Sinusitis akut: Sebuah kondisi mendadak seperti gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri wajah yang tidak hilang setelah 10 sampai 14 hari. Sinusitis akut biasanya berlangsung 4 minggu atau kurang. 
  2. Sinusitis subakut: Sebuah peradangan yang berlangsung 4 sampai 8 minggu. 
  3. Sinusitis kronis: Suatu kondisi yang ditandai dengan gejala radang sinus yang berlangsung 8 minggu atau lebih. 
  4. Sinusitis berulang: Beberapa serangan dalam setahun
Disamping itu, ada beberapa resep (ramuan) tradisional (herbal) alami yang bisa digunakan untuk mengobati dan mengatasi penyakit sinusitis. Berikut kami sajikan beberapa ramuan tersebut :

- RAMUAN PERTAMA, MENGATASI DAN MENGOBATI SINUSITIS CARA TRADISIONAL (ALAMI)

Bahan-bahannya adalah siapkan kunyit 1 cm, daun cemara 1 genggam, daun sirih 7 lembar dan 10 gelas air.

Cara membuat ramuannya yaitu terlebih dahulu kunyit diparut. sisihkan. Lalu campurkan parutan kunyit, daun cemara dan daun sirih dengan air kemudian direbus hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi setengahnya. Angkat dan tuangkan air rebusan dalam wadah. Setelah itu, hirup uap dari air rebusan tadi. Lakukan sehari dua kali setiap pagi dan sore. Ulangi sampai penderita sinusitis sembuh.

- RAMUAN KEDUA, MENGATASI DAN MENGOBATI SINUSITIS CARA TRADISIONAL (ALAMI)

Bahan-bahannya adalah sediakan daun sirih merah secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu daun sirih merah dicuci bersih. lalu daun sirih merah ditumbuk sampai halus. Kemudian siapkan kapas bersih, balurkan tumbukan tadi diatas kapas tersebut, lalu kapas digulung tetapi ditengahnya masih ada lubangnya. Masukkan gulungan kapas ke dalam hidung, sebaikkanya dikerjakan sebelum tidur.

- RAMUAN KETIGA, MENGATASI DAN MENGOBATI SINUSITIS CARA TRADISIONAL (ALAMI)
Bahan-bahannya adalah siapkan serai lima batang, jeruk nipis tiga buah, daun sirih tujuh lembar, cengkeh 17 biji, jahe dua cm.

Cara membuat ramuannya yaitu serai/sereh serta jahe dicuci bersih, dimemarkan. Kemudian kulit jeruk nipis dikupas, dibelah menjadi 4 bagian. Setelah itu bahan-bahan tersebut direbus dengan air enam gelas sampai air mendidih. Biarkan airnya tersisa setengahnya. Air rebusan diminum sehari tiga kali masing-masing setengah gelas. Sebaiknya diminum sesudah makan.

- RAMUAN KEEMPAT, MENGATASI DAN MENGOBATI SINUSITIS CARA TRADISIONAL (ALAMI)

Bahan-bahannya adalah sediakan bawang putih lima siung, jahe sepuluh gram, lokio 60 gram dan air 600 ml.

Cara membuat ramuannya yaitu semua bahan dicuci bersih. lalu direbus hingga mendidih. Biarkan airnya tersisa setengahnya. Angkat serta air rebusan disaring. Air rebusan dikonsumsi dalam keadaan masih hangat sehari dua kali secara teratur.

 
- RAMUAN KELIMA, MENGATASI DAN MENGOBATI SINUSITIS CARA TRADISIONAL (ALAMI)
Bahan-bahannya adalah siapkan daun sambiloto kering 12 gram dan air 4 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu daun sambiloto kering direbus sampai mendidih. Angkat dan disaring. Air rebusan diminum.

- RAMUAN KEENAM, MENGATASI DAN MENGOBATI SINUSITIS CARA TRADISIONAL (ALAMI)


Bahan-bahannya adalah sediakan daun lidah buaya secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu daun lidah buaya dikupas kulitnya. Lalu daging lidah buaya tersebut direbus hingga mendidih. Air rebusan dapat dikonsumsi. Selain itu, bisa juga untuk pemakaian luar yaitu dengan cara cairan dari lidah buaya diteteskan pada hidung.

- RAMUAN KETUJUH, MENGATASI DAN MENGOBATI SINUSITIS CARA TRADISIONAL (ALAMI)


Bahan-bahannya adalah siapkan serai/sereh 2-3 batang, gula aren secukupnya dan air 3 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu serai/sereh dicuci bersih. lalu serai/sereh dan gula aren direbus dengan air sampai mendidih. Air rebusan dapat dikonsumsi. Selain itu dapat juga dengan cara batang serai/sereh dimemarkan sampai menghasilkan cairan dari batang serai/sereh. Kemudian cairan serai tersebut diteteskan pada hidung, biarkan beberapa saat, lalu dikeluarkan pelan-pelan.

- RAMUAN KEDELAPAN, MENGATASI DAN MENGOBATI SINUSITIS CARA TRADISIONAL (ALAMI)


Bahan-bahannya adalah sediakan kunyit 3 cm, madu 1 sendok makan serta air 2 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu kunyit dicuci bersih. lalu kunyit dan madu direbus dengan air hingga mendidih. Angkat dan disaring. Minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.

Sumber :
  1. Wikipedia. (2017). Sinusitis. [Online]. Tersedia ; https://id.wikipedia.org/wiki/Sinusitis. (11 Mei 2017)
  2. Kampasiana. (2017). CARA MENGOBATI DAN MENGATASI SINUSITIS SECARA TRADISIONAL, HERBAL & ALAMI. [Online]. Tersedia ; http://kampasiana.blogspot.co.id/2015/03/obat-sinusitis-alami.html. (11 Mei 2017). 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar