Bahaya, Air Mineral Ilegal Ini Mengandung Bakteri Pseudomonas

Posting Komentar
Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi unit usaha di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul, yang digerebek BPOM DIY mengandung bakteri pseudomonas. Hasil pemeriksaan di laboratorium bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan, dan gangguan pencernaan.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan sebulan lalu, dan sudah kami uji di laboratorium. Produksi air mineral ini tidak layak konsumsi dan mengandung bakteri pseudomonas," Kepala Balai BPOM DIY, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni di lokasi, Selasa (16/5/2017).

Sumber : Kirara


Dia mengatakan bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan dan gangguan pencernaan. Selain itu PH-nya di bawah 7 atau sekitar 5,6, padahal persyaratannya 8,5,"Jadi kalau dikonsumsi bisa membahayakan masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya AMDK yang diproduksi tersebut juga tidak memiliki izin edar. Modusnya dengan menyamarkan kemasan galon, dan menggunakan nomor registrasi perusahaan yang berdomisili di Trenggalek, Jawa Timur. Tujuannya untuk mengelabui petugas dan meyakinkan konsumen.

"Air mineral ini tentu kalau dikonsumsi beresiko terhadap kesehatan masyarakat. Aktivitas produksi di unit usaha ini sudah ditutup aparat," katanya.

Untuk menangani masalah ini, dia mengatakan pihaknya berpedoman UU pangan nomor 18 tahun 2012, yang tegas melarang kegiatan produksi atau distribusi barang tanpa izin edar. "Kami lakukan kajian penegakan hukum. Kalau cukup bukti, kasus ini kami jerat UU pangan," katanya.

Sementara itu Dir Reskrimsus Polda DIY, Kombes (Pol) Gatot Agus Budi Utomo mengatakan penggrebekan unit usaha di Bantul itu hasil kerjasama BPOM DIY dan Polda DIY. "Pengungkapan air kemasan ilegal ini adalah salah satu kerjasama polisi dengan PPNS yakni BPOM DIY," kata Gatot.

Sumber :
Detik.
(2017). Air Mineral Ilegal di Bantul Mengandung Bakteri Pseudomonas. [Online]. Tersedia ; https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3502766/air-mineral-ilegal-di-bantul-mengandung-bakteri-pseudomonas. (17 Mei 2017).
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar