Ini Manfaat Yoghurt untuk Penderita Osteoporosis

Posting Komentar


Osteoporosis merupakan kondisi kualitas kepadatan tulang yang menurun. Umumnya pasien osteoporosis memiliki tulang keropos dan lebih berisiko mengalami retak. Namun, ada cara untuk menghindari beberapa penyakit osteoporosis.

Mengkonsumsi yoghurt tidak saja mampu menurunkan berat badan atau menjaga tubuh tetap ideal. Banyak manfaat kesehatan yang bisa diambil dari yoghurt. Produk olahan susu yang rasanya sedikit asam ini kaya akan sumber energi, protein, mineral, serta vitamin.

Sumber : Sindonews

Nah, sering mengkonsumsi yoghurt bisa mengurasi risiko osteoporosis. Ini karena dalam beberapa penelitian menyebut produk olahan susu ini meningkatkan produksi tulang dengan kepadatan tulang pinggul pada pria dan wanita yang lebih tua.

"Yogurt adalah sumber nutrisi tulang yang kaya dengan nutrisi. Data menunjukkan bahwa meningkatkan asupan yogurt bisa menjadi strategi untuk menjaga kesehatan tulang,”  kata Eamon Laird dari Universitas Trinity Dublin, Irlandia seperti dikutip Thehealthsite.

Kandungan bakteri sehat dalam yogurt membantu kebugaran dan menjaga kesehatan.  Ini lantaran kandungan bakteri baiknya, yakni bakteri asam laktat (lactic acid bacteria) yaitu Lactobaccilus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Bakteri ini akan terus ada pada yoghurt dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

"Hasilnya menunjukkan hubungan yang signifikan antara kesehatan tulang dan kelemahan dengan produk makanan yang relatif sederhana dan murah tersebut," terang dia.

Dalam studi tersebut menunjukkan bahwa setiap  peningkatan asupan yogurt pada wanita akan menurunkan risiko penyakit osteopenia sebesar 31 persen. Sebaliknya pada pria, asupan yogurt mengurangi risiko osteoporosis sebesar  52 persen.


Sumber :
Sindonews Lifestyle. (2017). Ini Manfaat Yoghurt untuk Penderita Osteoporosis. [Online]. Tersedia ; https://lifestyle.sindonews.com/read/1204800/155/ini-manfaat-yoghurt-untuk-penderita-osteoporosis-1494647904
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar