Cita - Citaku Adalah Menjadi Pengusaha

Posting Komentar
Sumber : Kudo

Saya dilahirkan dibesarkan bukan dari lingkungan pengusaha, orang tua saya Guru (pernah menjabat kepala sekolah dasar dan terakhir menjadi penilik sekolah dasar di tingkat kecamatan). Seiring mengenal hidup yang dijalani, akhirnya Saya tahu bahwa pintu rezeki 9 dari 10 adalah berniaga, ini berdasarkan hadits Rasulullah.

Berniaga merujuk kepada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah berjual beli dan sebagainya untuk memperoleh untung ; samahalnya dengan berdagang. Berniaga adalah transaksi berjual beli, atau jualan. Namun, jaulan seperti apa yang disyariatkan dalam islam?

Berniaga dalam Islam, diartikan sebagai pertukaran harta dengan harta dengan syarat-syarat tertentu. Harta yang dimaksudkan di sini ialah semua jenis barang yang bernilai di sisi syariat.  Nabi menilai aktivitas berdagang adalah aktivitas yang punya banyak manfaat bagi banyak orang. 

Apakah Saya bisa menjadi penguasaha?

Saya selalu penasaran dengan "Berdagang", berbagai cara sudah saya lakukan untuk berdagang, namun Saya belum berfikir simple apa itu berdagang. Saya selalu memulai berdagang dengan memikirkan punya brand sendiri, produk sendiri, kirim - kirim barang dalam jumlah besar setiap harinya, itulah bayangan saya selama ini. 

Tapi, yang saya lakukan sampai saat ini adalah kurangnya motivasi dan bimbingan untuk menuntaskan keinginan saya itu. Saya pernah membuat kaos, brand sendiri, tapi karena tidak adanya "dukungan" akhirnya barangnya masih numpuk. 

Saya juga berjualan kaos distro, resiko berjualan kaos distro sangat besar, akhirnya saya memilih untuk menahan promosi di distro ini dikarenakan saya hanya berjualan online. Untungnyapun kalau jualan online tidak banyak. Saya ingin sih punya distro sendiri, melihat pasar di Indramayu tidak meyakinkan untuk membuka distro bagi saya, karena pertumbuhan distri di sini juga sangat baik, alias banyak distro.

Sampai titik ini, saya belum menemukan berjualan apa yang mantap dengan cara pandang saya. Apakah ada yang salah dengan cara pandang saya terhadap berniaga ini. Mungkin karena saya tidak pernah komunikasi dengan orang - orang yang sesuai dengan bidang nya.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar