Pemeriksaan Hemoglobin Pada Ibu Hamil

Pengambilan darah. (Foto : Media Suara)

ImadAnalis. Pentingnya pemerikaan Hemoglobin pada ibu hamil sebelum kelahiran bayi untuk mencegah terjadinya anemia berlebihan. Karena jika Hb rendah maka transportasi makanan dengan gizi yang baik akan terhambat kepada janin. 


Kadar Hb Normal pada Ibu hamil WHO telah memberikan patokan berapa kadar Hb normal pada ibu hamil, sekaligus memberikan batasan kategori untuk anemia ringan dan berat selama kehamilan: 

  • Normal: Hb > 11 gr/dl 
  • Anemia Ringan: Hb 8-11 gr/dl 
  • Anemia Berat: Hb < gr/dl 


Adapun Kadar Hb Normal pada Ibu hamil sesuai usia kehamilan adalah: 

  • Wanita dewasa (tidak hamil): 12–15.8 gr/dl 
  • Hamil trimester pertama: 11.6–13.9 gr/dl
  •  Hamil trimester kedua: 9.7–14.8 gr/dl 
  • Hamil trimester ketiga: 9.5–15.0 gr/dl




Apakah anda sedang mencari artikel lain seperti :  hemoglobin dan trombosit, hemoglobin darah pdf, hemoglobin dalam darah berfungsi untuk, hemoglobin darah tinggi, hemoglobin dbd, hemoglobin dibentuk dari hasil perombakan sel darah merah berupa, hemoglobin dan eritrosit, hemoglobin dalam kehamilan, hemoglobin e adalah, hemoglobin elektroforesis, hemoglobin electrophoresis, hemoglobin elektrolit, hemoglobin eritrosit hematokrit rendah, hemoglobin eritrosit, hemoglobin elektrolit atau non elektrolit, hemoglobin estimation methods, hemoglobin electrophoresis thalassemia, hemoglobin electrophoresis in beta thalassemia, hemoglobin equilibrium, hemoglobin en wiki, hemoglobin evaluation, hemoglobin e thalassemia, hemoglobin elektroforesis hba2, hemoglobin exercise training, hemoglobin electrophoresis uptodate, hemoglobin electrophoresis constant spring, hemoglobin elements, hemoglobin english, hemoglobin fungsi, hemoglobin f adalah. 

Sumber :
Mediskus. (2017). Hemoglobin (Hb) Normal Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan. Tersedia : https://mediskus.com/wanita/hb-normal-ibu-hamil. (07 November 2017).
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts