Struktur Hemoglobin

Hemoglobin 3 Dimensi. (Foto : Wikipedia)

ImadAnalis. Pada pusat molekul terdapat cincin heterosiklik yang dikenal dengan porfirin yang menahan satu atom besi; atom besi ini merupakan situs/loka ikatan oksigen. Porfirin yang mengandung besi disebut heme. Nama hemoglobin merupakan gabungan dari heme dan globin; globin sebagai istilah generik untuk protein globular. Ada beberapa protein mengandung heme, dan hemoglobin adalah yang paling dikenal dan paling banyak dipelajari. 


Pada manusia dewasa, hemoglobin berupa tetramer (mengandung 4 subunit protein), yang terdiri dari masing-masing dua subunit alfa dan beta yang terikat secara nonkovalen. Subunit-subunitnya mirip secara struktural dan berukuran hampir sama. Tiap subunit memiliki berat molekul kurang lebih 16,000 Dalton, sehingga berat molekul total tetramernya menjadi sekitar 64,000 Dalton. Tiap subunit hemoglobin mengandung satu heme, sehingga secara keseluruhan hemoglobin memiliki kapasitas empat molekul oksigen:

Reaksi bertahap:

  • Hb + O2 <-> HbO2
  • HbO2 + O2 <-> Hb(O2)2
  • Hb(O2)2 + O2 <-> Hb(O2)3
  • Hb(O2)3 + O2 <-> Hb(O2)4


Reaksi keseluruhan:

    Hb + 4O2 -> Hb(O2)4



Apakah anda sedang mencari artikel lain seperti :
hemoglobin akan dirombak menjadi, hemoglobin anak tinggi, hemoglobin a1c adalah, hemoglobin akan terurai menjadi, hemoglobin anemia, hemoglobin abnormal, hemoglobin a2, hemoglobin analyzer, hemoglobin and hematocrit levels, hemoglobin alodokter, hemoglobin bayi normal, hemoglobin berguna untuk mengikat gas, hemoglobin berguna untuk, hemoglobin bayi tinggi, hemoglobin babi, hemoglobin bagi ibu hamil, hemoglobin berikatan dengan, hemoglobin berbentuk sel sabit terjadi akibat mutasi delesi, hemoglobin berasal dari bahasa, hemoglobin bayi rendah, hemoglobin babi dalam filter rokok, hemoglobin berikatan dengan oksigen, hemoglobin berasal dari kata, hemoglobin buffer, hemoglobin babi di filter rokok, hemoglobin bart, hemoglobin buffer system, hemoglobin bovine sigma, hemoglobin baby, hemoglobin c adalah.

Sumber :
Wikipedia. (2017). Hemoglobin. Tersedia ; https://id.wikipedia.org/wiki/Hemoglobin. (7 November 2017).

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts