Pediatric Hematology-Oncology di Indonesia

 
Pediatric Hematology-Oncology di Indonesia. (Foto : http://os-jsizgorica-si.skole.hr)
Imad Analis. Pediatric Hematology-Oncology atau Hematologi-Onkologi Anak merupakan salah satu lingkup perawatan kesehatan pada suatu perawatan rumah sakit khusus mengenai kanker darah yang terjadi pada bayi, anak - anak dan dewasa. 



Masalah hematologi yang erat dengan kekurangan gizi adalah masalah anemia defisiensi besi (ADEBE). Dalam keseharian bekerja di rumah sakit ADEBE ini sering terlupakan. Waktu lebih banyak tersita oleh penyakit darah yang banyak berhubungan dengan kelainan genetik yaitu talasemia dan hemofilia.  

“Peran hematologi pada penyakit infeksi dalam pekerjaan rutin harian adalah bantuan untuk menegakkan diagnosis penyakit infeksi melalui pemeriksaan darah tepi. Salah satu penyakit infeksi yang menjadi masalah kesehatan nasional adalah demam berdarah dengue (DBD),” ungkap Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp A (K)  pada saat Pidato Pengukuhan sebagai Guru Besar pada Fakultas Kedokteran UGM dalam Rapat Terbuka Majelis Guru Besar UGM di Balai Senat UGM, 23 Juni 2005.


Pediatric Hematology-Oncology di Indonesia banyak tersebar di rumah sakit rujukkan dan rumah sakit umum pusat provinsi di seluruh Indonesia. 

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda.
Sumber :
  • Universitas Gadjah Mada. (2018). Peran Hematologi dan Onkologi Anak. (Tersedia ; https://www.ugm.ac.id/id/berita/1123-peran.hematologi.dan.onkologi.anak). (31 Maret 2018)
Baca juga :



Artikel yang seusai dengan kata kunci : blood specialist name, blood oncologist, best hematology oncology doctors, new york hematology oncology, hematology northwestern, hematology oncology near me, hematologist information, yale hematology oncology, medical oncology & hematology, northwest oncology & hematology, haematology jobs, blood cancer treatment, hematology oncology jobs, hematologist oncologist near me, oncology hematology specialists, blood hematology, hematologic problems, why do i need to see a hematologist, hematology dr, what can a hematologist diagnose, children's hematology, doctor that specializes in blood, hematology lab tests, hematology specialist, hematology oncology specialists, find a hematologist, pediatric hematology oncology, pediatric hematology and oncology, medical oncology and hematology.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts