Mengenal Bunga Tahi Ayam Di Beberapa Daerah dan Manfaatnya

Posting Komentar

 

Mengenal Bunga Tahi Ayam Di Beberapa Daerah dan Manfaatnya

Buti-buti, di Sulawesi disebut juga Gandi Gandi, secara luas dikenal dengan nama Bunga Tahi Ayam karena bau bunganya yang menyegat. 

Buti-buti dikenal pula dengan nama Saliara, tumbuh dengan cabang yang banyak, masuk dalam kategori perdu.

Dalam Wikipedia disebutkan bunga Tahi ayam, disebut juga saliara atau tembelekan (Lantana camara) adalah jenis tumbuhan berbunga dari famili Verbenaceae yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan.

Di Lampung, bunga ini disebut sebagai bunga Kenikir. Tanaman kenikir atau tahi ayam ini memiliki nama ilmiah Tagetes erecta yang merupakan tanaman hias herbal yang banyak ditanam dan dijumpai di setiap pagar rumah atau sering digunakan sebagai pembatas.

Nama lain dari tanaman tagetes erecta adalah Marigold. Selain itu, di beberapa negara, tanaman ini juga memiliki sebutan khusus, seperti Big Margold di Inggris, Amarello (Filipina). Berbeda dengan di Indonesia, tanaman ini memiliki nama lain Kenikir, Tahi Kotok, Bunga Tahi Ayam, dan Randa Kendana.

Walaupun memiliki bau yang kurang sedap, namun bunga ini memiliki banyak manfaat. 

Daunnya dikenal sebagai obat maag dan obat pertama mengobati luka teriris benda tajam atau luka karena lecet.

Selain menjadi tanaman hias, marigold biasanya dimanfaatkan di bidang pertanian. Lantaran, dapat digunakan untuk mencegah nematoda pengganggu tanaman sebagai tanaman tumpang sari, penangkal serangga, dan anti jamur.

Bunga tahi ayam juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Sebab, tanaman ini memiliki kandungan yang mempunyai khasiat yang tinggi dari segi pengobatan herbal dan tradisional.

Guna memanfaatkan khasiatnya, kalian dapat mengeringkan bunga tahi ayam terlebih dahulu dan mengolah bunga ini menjadi teh seduh. Dengan begitu, kandungan nutrisi dalam bunga ini dapat dirasakan.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat disembuhkan jika mengonsumsi ekstrak bunga tahi ayam:

Meningkatkan imunitas tubuh,
Mengobati masalah pencernaan,
Menjaga kesehatan mata,
Mengatasi demam,
Mengobati sakit tenggorokan,
Menjaga kelembaban dan kesehatan kulit,
Mengatasi masalah menstruasi,
Menangkal racun dan bakteri,

Cara Menanam Bunga Tahi Ayam

Pertama, siapkan media tanam terlebih dahulu. Pilihlah tanah yang mengandung unsur hara dan telah dicampurkan kompos dengan perbandingan 1:1. Lalu, diamkan selama kurang lebih 24 jam agar nutrisinya terserap dengan baik.

Kemudian, masukkan tanah tersebut dalam tempat penyemaian dan taburkan biji bunga tahi ayam di permukaan media tanam. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan semprotan air dalam skala kecil dan bibit siap untuk tumbuh (Nugroho et al., 2019).

Tak lupa, berikan pupuk NPK bersama campuran pupuk kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2 selama 2 minggu sekali.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar