Rumusan DPP PATELKI Untuk pemenuhan SKP

Posting Komentar
Sampel darah dalam tabung vakum | www.actx.edu/
imad.blog's.com. Isi dari tulisan ini adalah dari hasil Saya mengikuti seminar DPC Sumedang dengan tema "Profesionalisme Ahli Teknologi Laboratorium Medik" dengan pembicaranya adalah Ibu Emma Maryati,SE.

Sebelum melanjutkan ke pokok pembahasan, Saya akan mengulang kembali sedikit kenapa perlunya untuk memenuhi jumlah SKP ini :) ini tulisan Saya sebelumnya : Ahli Teknologi Laboratorim Medik.dan ATLM Harus Punya Izin Praktek, mangga di baca - baca dulu.

Oke, jika sudah dibaca, berarti Saya ngga perlu mengupas lagi pembahasannya, intinya STR buat Analis Kesehatan / ATLM itu SANGAT Penting. Sebelumnya sudah Saya kasih contoh di kota Semarang, setiap ATLM harus memiliki STR dan SIP jika mau Kerja.

Dalam Grup PATELKI Pusat, pembahasan ini sebetulnya sudah di maut oleh pak Entuy sendiri, tapi karena Saya ngga mengikuti secara kontinyu di Grup, Saya dapat info ini di Seminar DPC Sumedang. Rujukkan ke Grup Patelki Pusat, silahkan di Klik.

Oke di lanjut ya :)

DASAR PKB (Program Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan) PATELKI

Berdasarkan Permekes No. 46 Tahun 2014 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan Bab II Pasal 4 dan 5, untuk perpanjangan STR harus memenuhi 2 persyaratan yaitu (a) pengabdian diri sebagai tenaga profesi atau vokasi bidang kesehatan dan (b) pemenuhan kecukupan dalam bidang pelayanan, pendidikan, pelatihan, dan/atau kegiatan ilmiah lainnya.

Pemenuhan persyaratan point (b) yaitu dengan pemenuhan syarat Satuan Kredit Profesi (SKP) selama 5 tahun yg ditetapkan oleh organisasi profesi.

PATELKI telah merumuskan beberapa ketentuan untuk pemenuhan syarat SKP untuk perpanjangan STR bagi Analis Kesehatan : 

KATEGORI
KEGIATAN
NILAI  KREDIT TOTAL (5 TAHUN)
CATATAN
A
KEGIATAN PROFESI
TANPA MINIMAL
MAKS 5 SKP
B
KEGIATAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN

B1 KOGNITIF :
Seminar, Workshop, Simposium terkait Teknologi Lab. Medik

B2 PELATIHAN UP DATE TLM KOMPETENSI I ;
Pelatihan Hematologi, Mikrobiologi, Kimia Klinik, Immunologi, Molekuler Diagnostok, Sito-Histologi, urinalisa.

B3 PELATIHAN TLM KOMPETENSI II
Phlebotomy, validasi metode, Basic QC, Advance QC

PELATIHAN NON KLINIS :
Kepemimpinan/manajerial dll

MINIMAL 12 SKP


MINIMAL 5 SKP


MINIMAL 4 SKP




MINIMAL 3 SKP


TANPA MINIMAL
MAKS 20 SKP
C
KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT / PROFESI
TANPA MINIMAL
MAKS 4 SKP
D
KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI
TANPA MINIMAL
MAKS 4 SKP
E
PUBLIKASI ILMIAH
TANPA MINIMAL
MAKS 5 SKP

Dari tabel diatas dapat Kita ketahui bersama - sama bahwa untuk mendapatkan SKP ATLM Tidak Mutlak dari Seminar semua :)

Bahwak narasumber saat itu mengatakan bahwa SKP bisa di dapatkan dari misal untuk kegiatan profesi, jika dalam 1 tahun mengerjakan > 500 sampel itu bisa diajukan mendpatkan SKP 0.5.

Kemudian, Pengabdian Masyarakat bisa berupa Baksos, dll maksimal 4 SKP. Atau bisa mengikuti pelatihan - pelatihan yang di adakan oleh institiusi dengan peserta minimal 6 orang bisa di ajukan SKP ke DPW Patelki setempat.

Hematologi Dasar | Gilang Nugraha,Ssi
Pengumpulan 25 SKP ini TIDAK BOLEH semua dari Seminar. Bukan rahasia umum lagi jika Sertifikat bisa di beli tanpa harus datang kan hehehe, Jadi selain Baksos, Pelatihan, juga ada PUBLIKASI ILMIAH, mungkin ada temen sejawat yang bisa menulis dan sudah memenuhi kriteria sesuai Kompetensinya bisa menulis Jurnal atau buku, itu bisa diajukan ke DPW untuk mendapatkan SKP. Seperti saudara saya satu ini Gilang Nugraha, sudah menerbitkan buku tentang Hematologi Dasar.

Selain itu untuk bimbingan mahasiswa, minimal 6 mahasiswa, juga bisa diajukan untuk mendapatkan SKP. untuk 1 SKP itu sendiri ada Harga yang harus di tebus, more Infonya bisa menghubungi DPC masing - masing ya,.,. hehehe

Sekedar Info di DPW Patelki Jabar jika ada hal - hal yang belum di fahami, bisa menanyakan ke Ibu Emma melalu W.A : 0822 6262 6474 / maryati.emma@gmail.com 

Sumber : Catatan Seminar DPC Sumedang 6 September 2015




Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar