Tujuan Kondom | Definisi | Kewaspadaan

Posting Komentar
Kondom laki - laki



Definisi

Kondom laki-laki  berupa  selubung yang tipis dari lateks   (Karet),   poliuretan   (Plastik), atau jaringan hewan yang pasangkan ke penis ketika ereksi segera   sebelum hubungan seksual dilakukan.  

Kondom wanita kondom yang dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan, berbentuk silinder yang dimasukkan ke dalam alat kelamin atau kemaluan wanita. Kondom wanita berfungsi untuk mencegah kehamilan dan mengurangi resiko penyakit menular seksual. Kondom wanita memiliki dua ujung di mana ujung yang satu yang dimasukkan ke arah rahim tertutup dengan busa untuk menyerap sperma dan ujung yang lain ke arah luar terbuka.


Cara kerja kondom wanita sama dengan cara kondom lelaki, yaitu mencegah sperma masuk ke dalam alat reproduksi wanita. Manfaat, keterbatasan maupun efek samping yang ditimbulkan kondom wanita, hampir sama dengan kondom lelaki. Tingkat efektifitas kondom wanita akan tinggi, apabila cara menggunakannya benar.

Tujuan

Kedua kondom ini baik kondom laki-laki dan perempuan digunakan untuk mencegah kehamilan dan untuk melindungi diri dari PMS seperti human immunodeficiency virus (HIV), gonore, klamidia, dan sifilis. Untuk mencapai tujuan tersebut, kondom harus dipakai dan dilepas dengan benar.

Kewaspadaan

Kondom Laki-laki   dan  perempuan tidak boleh digunakan secara bersamaan karena ada risiko salah satu dari kondom tersebut mungkin saja lepas. Kondom laki-laki tidak harus nyaman di ujung penis. Sebuah ruang sekitar 0,5 in disediakan di ujung penisr untuk menghindari kemungkinan akan lupa selama hubungan seksual. Penis harus ditarik dengan cepat setelah ejakulasi untuk mencegah kondom jatuh karena penis akan melembek setelahnya. Karena itu kondom harus selalu dicabut saat penis masih tegak untuk mencegah sperma tumpah ke dalam vagina.


Kondom   memberikan perlindungan lebih baik terhadap PMS daripada metode kontrasepsi lainnya. Satu studi yang dilakukan pada 1990-an menunjukkan bahwa dari 123 pasangan dengan satu pasangan HIV-positif, tidak satu orang sehat tertular penyakit itu ketika kondom digunakan dengan setiap instance dari hubungan seksual. Sebuah studi di tahun 1993 mirip menunjukkan bahwa dari 171 pasangan dengan satu HIV mitra-positif, semua kecuali dua individu terlindungi terhadap penularan HIV dengan penggunaan kondom. Selain HIV, kondom menyediakan transmisi efektif terhadap gonore, klamidia, sifilis, chancroid, dan trikomoniasis. Sebuah ukuran perlindungan juga diberikan terhadap virus hepatitis B (HBV), human papillomavirus (HPV), dan virus herpes simpleks (HSV).

Sebelum membeli kondom, memeriksa tanggal kedaluwarsa Sebelum digunakan., Memeriksa kondom untuk lubang. Jika pelumas yang akan digunakan, harus larut dalam air karena minyak bumi jeli, seperti Vaseline, dan pelumas berbasis minyak lainnya dapat melemahkan lateks. Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa kondom terbuat dari jaringan hewan atau plastik tidak dianjurkan sebagai perlindungan terhadap PMS.


Berbagai Sumber

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar