Netralkan Lambung dengan Kunyit | Syahrial Mayus

Posting Komentar
Kunyit



Kunyit hanya akan efektif dalam dosis sedang

JAKARTA, Jaringnews.com - Kunyit atau kunir, termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Sebuah tim ilmuwan di Indian Institute of Chemical Biology (IICB), India, menyebutkan bahwa mengonsumsi kunyit sangat efektif untuk mengurangi peradangan lambung dan ulserasi, yang diketahui sebagai luka terbuka pada lambung.

Kecuali memiliki sifat antiseptik, rempah yang juga sering dijadikan sebagai pewarna alami makanan ini merupakan komponen utama yang memiliki efek teraupetik atau terapi pengobatan.

Ilmuan senior, Snehasikta Swarnakar, yang juga menjadi pemimpin dalam penelitian tersebut menyatakan, Kunyit telah terbukti menjadi obat yang baik untuk penyakit lambung seperti peradangan dan ulserasi. Ia juga menyebutkan bahwa kunyit hanya akan efektif dalam dosis sedang, seperti dilansir dari Zeenews.

Ulserasi dan peradangan lambung, lanjut dia, terjadi sebagai efek samping dari stres atau penggunaan obat penghilang rasa sakit yang tidak tepat. Untuk menguji dosis penggunaan kunyit, tim menguji percobaan tersebut terhadap tikus. Diketahui, untuk tikus, dosis yang tepat yakni sekita 50 mg per kg brat badan tikus, yang setara dengan 100 mg per kg berat badan pada manusia.

Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau diguna sebagai salap untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.

Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada beberapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat efektif, yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar