Mengurai Perbedaan Obat Generik dan Paten

Posting Komentar

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Selama ini, obat generik dilabelkan sebagai obat murah bagi masyarakat kurang mampu. Padahal, khasiat obat generik sejajar dengan obat paten yang harganya selangit.

"Untuk fungsi penyembuh keduanya sama, tak ada beda," kata Median Hengky, Site Head dari pabrik obat Hexpharm Jaya Kalbe Company saat acara media gathering di Pabrik Hepharm Jaya, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12).  

Hengky mengatakan, perbedaan obat generik dan paten hanya terletak pada kenyamanannya saat obat tersebut dikonsumsi. Obat generik mungkin akan terasa sedikit pahit ketika ditelah, karena tidak melalui proses pelapisan. Sedangkan mayoritas obat paten sudah dilapisi dengan zat tertentu agar obat tidak terasa pahit saat ditelan. 

Sekarang, kata Hengky, banyak obat generik yang juga dijual dalam kemasan botol. Biasanya, pasien akan mendapatkan obat generik tanpa terkemas praktis, melainkan dimasukan dalam plastik biasa, seperti yang didapatkan di Puskesmas.

Hengky mengungkapkan, cara membedakan obat generik asli dengan yang palsu bisa melihat pada kode yang tertera di badan obat. Kode tersebut berupa singkatan dari obat dan dosisnya.

Dijelaskannya, obat generik kemasan botol aman dikonsumsi, asalkan stabil dari udara saat tutup botolnya dibuka. Jadi, ia menampik jika obat generik tak baik dikonsumsi.

"Harganya yang terjangkau bukan berarti menurunkan kualitas. Sebab fungsinya sama saja dengan obat paten," katanya mengakhiri.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar