Perlu Tidak Untuk Meningkatkan Kompetensi Sebuah Keahlian?

Posting Komentar
Sumber : thinkstock

Sebagai Tenaga Ahli Laboratorium Medik, dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Keahlian Kita dituntut untuk terus ditingkatkan. Jangan ibaratnya, Katak dalam tempurung, atau yang sekarang lagi nge-tren adalah Analis dalam Erlenmeyer. 



Kita hanya tau masalah nya yang itu saja, tanpa ingin untuk mengupgrade kompetensi Kita. Perubahan tekhnologi dibidang Biokimia, Kimia klinik, dll menuntut Kita untuk terus berperan aktif dalam meningkatkan kompetensi Kita.

Bagaimana caranya Kita meningkatkan kompetensi Kita?

Cara meningkatkan Kompetensi yang utama adalah dengan mengupgrade mutu pendidikan Kita, dari D3 ke D4 atau S2, dst. Selain itu mengikuti Pelatihan - pelatihan yang diadakan oleh Organisasi profesi yang mendukung dalam peningkatan mutu. Selain itu bisa dengan mengikuti Seminar, workshop dl, yang dibuktikan dengan adanya sertifikat yang sah yang diterbitkan oleh pihak penyelenggara.

Nah, apakah Kita sudah meningkatkan mutu kita sebagai ATLM? Jika belum, segeralah meningkatkan kompetensi Kita dalam bidang nya masing - masing, seperti Kimia, Hematologi, Imunologi, dsb.

Indonesia belum memiliki SDM ATLM yang kompetensi dalam bidangnya itu, ini adalah langkah yang baik untuk Anda yang sempat membaca tulisan ini. Dengan meningkatkan kompetensi ATLM dalam masing - masing bidang dapat meningkatkan mutu ATLM itu sendiri. Selain itu, ATLM Indonesia dapat disejajarkan dengan ATLM luar negeri dalam hal kompetensi.
Baca juga : Teknologi Laboratorium Klinik 
Baca juga : Balada petugas medis part II
Baca juga : Protein Dalam Urin



Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar