Sarung Bantal Ternyata Bisa Jadi Biang Kerok Jerawat Lho!

Posting Komentar
Sumber : Okezone

 Jerawat tentunya tidak boleh dibiarkan. Semakin Anda tidak membersihkannya, maka wajah Anda menjadi sangat kotor. Bukan hanya penampilan yang terganggu, komplikasi penyakit seperti radang kulit pun bisa terjadi.

Penyebab jerawat bisa karena banyak faktor. Mulai dari kebersihan wajah, pola makan yang tidak sehat, kurangnya asupan cairan tubuh, sampai dengan kurang istirahat. Namun, mungkin ada hal yang terlupakan dan ternyata bisa menjadi faktor kemunculan jerawat di wajah Anda.

Adalah sarung bantal! Ya, setiap hari Anda pasti menggunakan bantal yang sama untuk tidur. Itu sebabnya sumber bakteri penyebab jerawat bisa muncul. Bagaimana bisa? Dilansir dari Symptomfind, di dalam sarung bantal, terdapat banyak mikroba dan sesuatu lainnya yang bisa memicu munculnya jerawat.

Sebut saja sel kulit mati. Pada proses tidur, secara alami sel kulit mati itu akan terkelupas dari tubuh manusia. Sel kulit mati itu pun jatuh di bantal kesayangan Anda. Nah, yang perlu digaris bawahi adalah sel kulit mati merupakan makanan lezat para tungau bakteri yang bisa membuat wajah Anda berjerawat.

Selain itu, di dalam sarung bantal juga terkandung minyak tubuh yang secara alami keluar juga saat tidur. Jadi, secara tidak langsung, bila Anda tidak rutin mengganti sarung bantal, maka Anda membiarkan wajah Anda ditempeli minyak kotor. Gross!

Tak hanya itu saja, penyebab jerawat di sarung bantal juga adalah keringat. Anda mungkin sudah paham mengenai hal ini. Keringat tubuh menjadi salah satu faktor pembentuk jerawat. Nah, di sarung bantal juga terkadang tersimpan keringat. Hal itu bisa saja terjadi bila kamar Anda kebetulan terasa panas, sehingga tubuh mengeluarkan keringat dan diserap sarung bantal.


Yang terakhir dan mungkin bagi Anda tidak berpengaruh adalah remah-remah makanan ringan. Mungkin, tengah malam Anda terbiasa ngemil di atas kasur. Nah, kebiasaan itu tidak hanya menggangu tubuh, tetapi juga bisa menyebabkan jerawat. Remah makanan tersebut bila tertinggal di atas kasur, bisa memunculkan bakteri yang nantinya malah akan menimbulkan jerawat. (Okezone)

Baca juga :
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar