Awas, Tingkat Kematian Akibat Virus Hepatitis Meningkat!

Sumber : Sindo News

Masyarakat harus waspada dengan serangan hepatitis, suatu penyakit yang disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Salah satunya dipicu oleh virus atau viral hepatitis yang bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya.

’’Sampai saat ini tingkat kematian ataupun beban yang disebabkan oleh hepatitis semakin meningkat dan justru menjadi beban buat kita,’’kata Dokter Olivia Ekaputri, medical executive PT Kalbe Farma, Tbk dalam workshop media mengenai Hepatitis di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Olivia kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk mengetahui detail yang terkait hepatitis mulai dari penyebab, gejala, pengobatan hingga pencegahannya.  Terlebih, kata Olivia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) gencar mengampanyekan pencegahan Hepatitis di seluruh dunia. Apalagi tanggal 28 Juli 2017 diperingati sebagai Hari Hepatitis Dunia.

‘’Masyarakat harus awareness terhadap kejadian hepatitis yang semakin meningkat. Jadi, masyarakat harus lebih peduli dengan kesehatan dirinya agar tidak tertular virus Hepatitis,’’ujarnya.

Dia menjelaskan,  hingga saat ini, tercatat hepatitis menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Dari data yang dirilis WHO, tercatat 400 juta orang di seluruh dunia terjangkit virus Hepatitis.

’’Saat ini 400 juta orang di dunia hidup dengan hepatitis, menderita hepatitis. Ini datanya tahun 2015, data terakhir belum ada.  Namun dari tahun 2015, kurang lebih 400 juta orang mengalami hepatitis, dan 6 sampai 10 juta di antaranya setiap tahun mengalami infeksi baru. Jadi bisa kita lihat ini perkembangannya banyak, setiap tahun terus meningkat dan meningkat,’’jelasnya. (Sindo News)

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts