Awas! Musim Hujan Datang, Risiko Infeksi Saluran Pernapasan Akut Meningkat

 
Ilustrasi. (Sumber : Wallsdesk/OkeZone)

ImadAnalis. Memasuki musim hujan, tak sedikit orang mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), terutama anak-anak. Dampaknya bisa menyebabkan gangguan napas hingga berujung ancaman nyawa.

Sayangnya, tidak banyak orang menyadari bila dirinya atau orang terdekat mengalami penyakit ini. Waspadai, penyakit yang disebabkan karena paparan bakteri dan virus ini bisa menyebabkan gangguan napas.

Hidung mudah saja terpapar virus dan bakteri yang menyerang lapisan mukosa di jalan napas bagian atas. Kemudian dapat menyebar melalui kontak dari sekresi individu yang terinfeksi atau tetesan cairan dari seorang pasien.

Paling sering ISPA ditularkan lewat air liur seseorang, lewat batuk, bersin, hingga cairan tubuh lainny. Karenanya, Anda harus mengenali etika batuk dan membiasakan menutup mulut dan hidung dengan masker saat terinfeksi ISPA.

Tak hanya di musim hujan, penularan ISPA dapat juga terjadi akibat bencana kebakaran lahan hutan yang menyebar asap. Dampaknya sangat mengganggu pernapasan yang fatal.

ISPA dan flu hampir sama gejalanya, inilah yang membuat orang sulit membedakannya. Prosesnya, saat virus menyerang hidung, tidak dapat ditangkal sel silia. Begitu patogen masuk ke tubuh, hidung harus mencegahnya.

Namun, sel silia di bagian bawah saluran pernapasan menjebak dan bisa menimbulkan gejala seperti flu. Seseorang dapat mengalami sakit kepala berat, sumbatan hidung, sesak dada dan kadang demam. Bagian hidung dan saluran udara bronkus diblokir dengan lendir. Hal ini membuat orang sangat sulit bernapas.

Mata Anda juga mulai berair, tubuh juga bisa tampak lemah dan lesu, sehingga tidak dapat melakukan tugas sehari-hari. Saat terserang ISPA, segera ke dokter untuk meminta pertolongan pertama.

Namun, ISPA dapat dicegah dengan berbagai cara. Apa saja yang harus Anda lakukan?
  1. Jauhi penderita penyakit flu dan batuk yang berada di dekat Anda. Hal ini sangat rentan menyebabkan masalah gangguan pernapasan yang tidak nyaman.
  2. Selalu pakai masker untuk menutupi hidung saat keluar rumah. Pastikan pakai masker sekali pakai agar tak memicu penularan virus penyebab ISPA yang berbahaya.
  3. Konsumsi makanan sehat saat musim hujan. Perbanyak makan buah yang mengandung tinggi antioksidan dan vitamin C. Cara ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda mudah mencegah ISPA.
  4. Perbanyak minum air untuk meningkatkan metabolisme dan mencegah dehidrasi. Pastikan minum air matang agar tak berisiko mengalami diare.
  5. Jauhilah lingkungan yang berasap, misalnya polusi, sisa bakaran sampah dan lainnya. Asap tersebut dapat menghambat saluran pernapasan Anda yang berdampak buruk bagi kesehatan.
  6. Pastikan lingkungan Anda selalu sehat dan bersih, apalagi udara dalam rumah. Jangan pengap dan pasang jendela dan ventilasi yang cukup. Anda juga dapat memasang AC untuk menyaring udara kotor supaya tetal terjaga kebersihan dalam ruangan. (Oke ZOne)

Baca juga :
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts