Awas Bakteri, Bersihkan Talenan Tak Cukup dengan Sabun Cuci



Imad Analis. Talenan atau papan potong adalah salah satu alat terpenting di dapur, yang sering digunakan saat mempersiapkan bahan masakan. Talenan sangat sering digunakan sebagai alas memotong segala sesuatu, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga daging. Karenanya, penting untuk menjaganya agar selalu bersih.


Sabun Cuci Piring Saja Tak Cukup untuk Membersihkan Talenan

Banyak orang yang sudah terbiasa membersihkan talenan hanya menggunakan sabun cuci piring saja. Namun, sayangnya sabun tidak cukup untuk membuat talenan tersebut tetap bersih.

Seperti dilansir dari House Beautiful, Senin, 26 Febuari 2018, walaupun Anda sudah membersihkan talenan tersebut dengan air panas dan mengosoknya, sisa-sisa makanan dan minyak pada sisi-sisi kecil pada talenan masih ada. 

Menurut Sarah dari Expert Home Tips menjelaskan bahwa sabun cuci piring cair tidak dapat menembus permukaan talenan dan membersihkannya secara menyeluruh, bahkan meskipun Anda menggunakan air panas.


Sarah memberikan saran, untuk membersihkan talenan secara menyeluruh, Anda membutuhkan sesuatu yang lebih kuat seperti pemutih. Caranya dengan merendam alat dapur dengan produk pemutih standar, lalu bersihkan kembali menggunakan sabun. Cara ini dinilai efektif dalam membunuh bakteri, dan menghindari perpindahan kuman dari talenan ke makanan Anda. (Sumber : Viva

Baca juga :
  1. Jangan Diabaikan, 7 Tanda di Bibir Ini Menandakan Kesehatan Anda Bermasalah
  2. Peneliti Bentuk Kelompok 'Pemburu Virus' Internasional
  3. Adenovirus, Virus Mirip Flu Menginfeksi Saluran Pernapasan
 Artikel Terkait : bakteri pada talenan, bakteri pada alat dapur, bakteri talenan, pembersih bakteri pada talenan.





Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts