Manfaat Kulit Manggis: Kaya Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh Anda

Posting Komentar

 

Manfaat Kulit Manggis: Kaya Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh Anda
Dok. Imaduddin Badrawi

IMADANALIS - Kulit manggis bukan hanya sekadar limbah buah, tetapi merupakan sumber manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang manfaat kulit manggis untuk tubuh dan cara optimal mengonsumsinya. Baca terus untuk mendapatkan wawasan yang berharga.

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Kulit manggis memiliki kandungan bahan aktif seperti xanthone, flavonoid, saponin, dan tanin. Senyawa-senyawa ini memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Menurunkan Kadar LDl

Kolesterol LDL adalah pemicu berbagai gangguan kesehatan. Kulit manggis membantu menurunkan kadar LDL, mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya.

Menunjang Kekebalan Tubuh

Kandungan dalam kulit manggis mendukung sistem kekebalan tubuh dengan mengatasi gejala peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh.

Mencegah Pertumbuhan Kanker

Kandungan xanthone dalam kulit manggis mampu mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker, memberikan perlindungan tambahan.

Mengatasi Peradangan Akibat Penyakit

Xanthone juga efektif mengatasi peradangan akibat radang sendi, membantu meminimalkan ketidaknyamanan dan keterbatasan gerakan.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kulit manggis dapat menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, gangguan seksual, dan penurunan fungsi kognitif.

Cara Tepat Mengonsumsi Kulit Manggis

Agar manfaat kulit manggis dapat dirasakan dengan optimal, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bersihkan kulit manggis dengan mencucinya menggunakan air mengalir.
  2. Potong kulit menjadi bagian kecil untuk memudahkan pengolahan.
  3. Kukus kulit manggis selama 3-5 menit untuk menghilangkan getah.
  4. Haluskan kulit manggis dengan blender setelah dikukus.
  5. Rebus hingga matang; tambahkan gula secukupnya jika diinginkan, pilih gula sehat seperti gula kelapa atau sugar brown.

Jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kulit manggis, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.***

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar