Korban Tewas Gempa Taiwan Bertambah Jadi 7 Orang, Ratusan Luka-luka

Posting Komentar

 

Korban Tewas Gempa Taiwan Bertambah Jadi 7 Orang, Ratusan Luka-luka
news.detik.com

Korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,5 yang mengguncang Taiwan bertambah menjadi sedikitnya tujuh orang.

 Lebih dari 700 orang mengalami luka-luka akibat gempa kuat yang merusak puluhan bangunan tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (3/4/2024), otoritas Taiwan melaporkan bahwa gempa bumi itu merupakan yang terkuat yang mengguncang pulau itu dalam beberapa dekade terakhir, dan memperingatkan adanya gempa susulan dalam beberapa hari ke depan.


"Gempanya dekat dengan daratan dan merupakan gempa dangkal. Gempanya terasa di seluruh wilayah Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai," ucap Direktur Pusat Seismologi pada Badan Prakiraan Cuaca Taiwan, Wu Chien-fu, dalam pernyataannya.


Regulasi bangunan yang ketat dan kesadaran masyarakat yang luas terhadap bencana tampaknya telah mencegah terjadinya bencana besar di pulau rawan gempa tersebut, yang terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik.


Wu mengatakan bahwa gempa bumi yang mengguncang pada Rabu (3/4) pagi itu tercatat sebagai gempa paling kuat sejak gempa berkekuatan Magnitudo 7,6 yang mengguncang pada September 1999 silam dan menewaskan sedikitnya 2.400 orang, dalam bencana alam paling mematikan dalam sejarah Taiwan.


Pusat gempa bumi itu dilaporkan berada lepas pantai timur Taiwan, yang berjarak hanya 18 kilometer dari kota Hualien.


Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan melaporkan bahwa tujuh korban tewas semuanya ada di wilayah Hualien.


Laporan otoritas Taiwan menyebut tiga korban tewas di antaranya merupakan bagian dari kelompok tujuh orang yang melakukan pendakian pagi hari di perbukitan yang mengelilingi kota tersebut. Mereka dilaporkan tewas setelah tertimpa batu-batu besar yang runtuh dari tebing akibat gempa.


Di lokasi terpisah, seorang pengemudi truk dan seorang pengemudi mobil tewas ketika kendaraan mereka tertimpa bongkahan batu, sementara seorang pria lainnya tewas di area tambang setempat.


Laporan Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan juga menyebut sekitar 736 orang mengalami luka-luka akibat gempa tersebut.


Presiden Tsai Ing-wen menyerukan lembaga-lembaga pemerintah daerah dan pusat untuk saling berkoordinasi, dan mengatakan bahwa militer juga akan memberikan dukungan.


Gempa kuat itu sempat memicu peringatan tsunami di Jepang dan Filipina, sebelum akhirnya dicabut. Tidak ada laporan korban jiwa atau kerusakan di kedua negara itu saat peringatan tsunami diberlakukan.


Baca artikel detiknews, "Korban Tewas Gempa Taiwan Bertambah Jadi 7 Orang, Ratusan Luka-luka" selengkapnya https://news.detik.com/internasional/d-7276553/korban-tewas-gempa-taiwan-bertambah-jadi-7-orang-ratusan-luka-luka.


Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar