Urutan Pengambilan Darah dengan Tabung Vacutainer

Vacuteiner adalah sebuah alat pengambilan darah dengan metode tabung vacum.

Distro Online Indramayu

Distro Online Indramayu at BTN Taman Indah Kepandean, menyediakan berbagai Kaos Distro Original, LENGKAP, dengan harga terjangkau.

Tekhnologi Laboratorium Klinik

Peralatan Laboratorium semakin terus menerus mengikuti perkembangan tekhnologi, sehingga Kita sebagai Analis jangan sampai telat untuk Update berita terbaru tentang tekhnologi Lab klinik

Pemeriksaan PAP SMEAR

Pap Test adalah tes spesifik yang digunakan dan ditujukan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim/kanker serviks

Alat Cek Gula Darah Praktis, Cepat dan Murah

Jenis – Jenis Produk : 1. Nesco 2 in 1 (Gula+AU) Jenis pemeriksaan pada alat Nesco 2 in 1 adalah Glukosa (Gula) dan

Selasa, 07 Juni 2016

Kini Saya Berjalan Bersama Hip Hop Indramayu


Sudah lama tak bicara soal musik, kini ngga nyangka aja Saya ikut berpartisipasi utnuk mengenalkan musik Hip Hop Indramayu. Eh, pada single terbaru ini, Saya yang buat reff dan nadanya, bakat musisinya mulai tersalurkan nih, walaupun sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik, tapi saya ngga bisa lepas dari yang namanya musik. 

Pada kali ini, saya selaku manajer dan juga sekaligus memproduseri band hip hop, sekaligus ikut ambil suara di dalam setiap single yang dikeluarkan nya. Nama band hip hop Indramayu yang Saya kelola yaitu RAP CHRONIC. Sebetulnya Rap Chronic adalah sama satu dengan Just Guennest Clan, tapi katanya diganti aja namanya. 

Lagu yang Kami buat bersama ini berjudul "Aku Ingin Kamu", sebenernya sudah lama mau digarap, tapi baru kali ini kita garap serius. Mudah - mudahan aja banyak yang suka, soalnya lagu ini easy listening banget. Liriknya sederhana dan ngga berat, kerenlah pokoknya, cocok buat kalian yang lagi jatuh cinta dan ngga mau kehilangan orang yang kalian cintai.

HIP HOP INDRAMAYU

Selam ini yang Saya ketahui, band hip hop yang masih rajin berkarya ngga banyak, seperti MHM, JGC yang kini jadi RAP CHRONIC, mungkin ada di sebagian wilayah Indramayu Barat yang memiliki talenta hip hop namun belum mau menunjukkan taringnya.


Saya tau tentang Rap Chronic sudah lama, dari zamannya IMS Indramayu, mereka sering main, namun pergerakan mereka "mengalir" aja katanya, kini setelah saya pegang, inshallah, awal tahun ini kita punya mini album, launchingnya malam tahun baru, mudah - mudahan saja bisa direalisasikan.

Tantangan bergelut di jalur Hip Hop itu berat, ngga banyak yang suka di genre ini, tapi kalau saya memang suka dengan Hip Hop sudah lama, dengan bakat sedikit bisa bernyanyi di beberapa lagu Rap Chronic nanti yang punya lagu - lagunya bakal dengerin suara saya, aslinya suara saya fals, hehehe keren nih yang mixing, luar biasa lah pokoknya.

Mudah - mudahan setelah berjalan bersama Saya, ada musisi Indramayu misalnya Rap Chronic bisa go Nasional, itu juga mudah - mudahan, kalaupun ngga go nasional ya ngga apa - apa, namanya juga keinginan. Intinya kalau kita mau berusaha dan terus berkarya pasti ada ajalah jalannya, entah itu dari temen deket atau dari temen jauh yang tiba - tiba datang kemudian support banget dengan pergerakan kita.

Oke jangan lupa download ya, Gratis koq, yaitulah musisi Indramayu, mungkin Indonesia juga kali ya, Kita punya karya, bikinnya pusing tujuh keliling buat lagu yang enak di denger, di sedotnya gratisan, ini udah kaya takdir alam kayaknya, yaudah yang sudah punya lagunya jangan lupa komentar ya, gimna single terbaru Kami. 

Yang mau chat atau mau panggil jadi Guest Star bisa WA : 089679820288 / bbm D0060219

Rabu, 17 Februari 2016

Ameng Ka Soreang

Hari minggu kemarin, saya melancong ke Bandung. Banyak yang berubah ya ternyata. Daerah dalam kaum yang ngga seperri dulu, 8 tahun yang lalu ketika Saya masih kuliah.

Halaman masjid agung pun berubah, ada rumput sintetis disana, dan parkir basement di bawahnya. Pagar masjidpun tidak ada.

Inilah tata kelola kota Bandung hari ini. Banyak dibenahi jadi kota yang nyaman bagi para pendatang. Mengingat mlancong ke Bandung cuma beberapa saat, tidak banyak waktu yang bisa Saya lakukan untuk lebih lama lagi Saya di bandung.

Perjalanan ke Bandung kemarin, ada kesempatam yang Saya dapatkan. Waktu itu Saya diajak beli blazer sama istri di parahyangan. Setelah muter - muter dapatlah blazer itu di salah satu toko, etnic atau Dunamos. Dunamos ini brand lokal Bandung. Seperti merk lainnya seperti Greenlight, Black Angel, Psd, dll.

Setelah blanja, Saya mendapatkan hak istimewa tanpa perjanjian untuk memasarka produk Etnic dan Dunamos di Indramayu. Jualsn Saya bisa di lihat di Distro Online Indramayu.

Terimakasih sudah mampir di blog Saya.

Jumat, 12 Februari 2016

Biasakan untuk berlaku adil

Beberapa hari yang lalu, ceritanya Saya kedatangan salah satu grup musik di Indramayu. Dilihat dari karya - karyanya Saya menilai bahwa grup ini bisa dikembangkan lagi untuk menjadi lebih baik. 

Kelemahan Saya adalah tidak memiliki waktu untuk fokus mengurusi hal seperti itu. Alhasil, kejadian yang Saya tidak inginkan terjadi juga.

Kalau orang zaman sekarang bilang, Saya 'ditikung'. Lucu sekali memang, Saya yang belum apa - apa ini sudah mengalami hal demikian.

Inilah cerita hidup, Saya memaklumi dan berusaha iatiqamah dengan keyakinan Saya untuk tetap pada jalurnya, yaitu memfasilitasi musik Indramayu.

Hal yang mustahil ini, akan terus Saya lakoni demi cita - cita dan memuaskan batin Saya sendiri. Rasanya kalau tidak sampai, mimpi Saya hanyalah puing - puing kenangan.

Balada petugas medis part II

Ini adalah tulisan Saya, menyambung balada ATLM yang beberapa hari lalu Saya menulisnya si akun facebook pribadi. Hanya sebagai instropeksi diri, bukan hanya menyindir tapi Saya terkesan memperolok - olok diri sendiri hihihihi
Lanjutan balada ATLM.....
Setelah lulus D3, iya minimal D3, soalnya kalw lulusan SMAK nnt jalan cerita profesi Saya jd ribet. Iya, Saya nnt ngga bisa bikin STR , semacam regiatrasi oleh Kemenkes, klw ngga dapet STR sy ngga biasa punya SIP buat kerja.
Alhasil, yang blm lulus D3 dan baru SMAK ditunggu "upgrade"nya sampai 2020.
Gelombang PHK besar2an pada berbagai perusahaan asing, tidak akan berpengaruh pada Kami, tau ngga kenapa? Karena Gajih Kami memang kecil, xixixi dan Kami ngga pernah demo....
Siapa sih ngga mw punya karyawan yg memiliki kompetensi (min D3) dan gajih nya murah......
Ini beda banget dengan pabrik2,
Cukup y balada petugas medis bag II nya....
Nanti akan Saya lanjut di Balada Petugas Media berikutnya. Semoga Anda tidak tersinggung.

Jalan keluar dilematika phlebotomi antara Analis dan Perawat

Judulnya seru kan! hehehe iya karena hal ini terjadi pada tempat dimana Saya bekerja.
Dilematika ini akan terus menerus jika tidak segera diselesaikan, betul kan?

Oke prolognya adalah, berdasarkan Permenkes No. 42 thn 2015. Tugas Ahli Teknologi Laboratorium Mediklah yang melakukan tugas phlebotomi. 

Namun, pada kenyataan dilapangan jumlah Tenaga ATLM jumlahnya tidak mencukupi akan hal itu pada berbagai rumah sakit. Bagaimana cara mensiasatinya? yaitu dengan meminta bantuan phlebotominya kepada bagian keperawatan, entah itu perawat atau bidan.

Tulisan ini hanya akan mengenalkan "pemecahan masalah" terhadap pembagian jasa analis / ATLM kepada phlebotomi ruangan. Sekali lagi, Saya tidak akan menceritakan begitu rumitnya sistem kesehatan di Indonesia tercinta ini. Saya malah berharap, segera benahi, sebelum semua aspek kehidupan di Indonesia di isi oleh tenaga asing, dan ada beberapa kasuh belakangan ini tenaga asing upahnya lebih murah dari tenaga lokal.

Saya akan mengutip pemecahan masalah terhadap pembagian jasa ATLM dengan Keperawatan. Loh koq dibagi jasanya? Bukankan ATLM tidak mendapat jasa phlebotomi.. Ini tugas Patelki untuk merumuskan masalah ini,.. Hihihihi Saya melihat, bagaimanapun, Keperawatan masih menganggap bahwa tugas ATLM / analis ini juga termasuk Phlebotomi. 

Inilah suatu kejanggalan yang Saya rasakkan, padahal phlebotomis ya phlebotomis, ATLM ya ATLM. Hihihi.
Dilanjut.

Saya saat ini bekerja di RSUD tipe C, dengan dokter Sp.PK stand by setiap hari kerja. 

Pahami dulu ya, karena setiap RS pasti berbeda, kalau mau menilai, harus di bandingkan dengan yang sama, jangan dengan lebih tinggi atau lebih rendah. Istilah kerennya, Apple to Apple. Jangan Apple to ciplukan, hahaha atau Apple to IMo.

Kasus ditempat kerja khususnya lingkungan kerja laboratorium pasti sama. Jadi, sebelum ada pembagian, tahap - tahap yang harus dilakukan adalah : 

Pertama, membuat kesepahaman bersama tentang Definisi Operasional antara ATLM dan Keperawatan.
Untuk di tempat Saya kerja, yang dipertemukan adalah Seluruh ATLM dan kepala ruangan keperawatan.
Setelah dijabarkan tentang definiai operasional, saya contohkan beberapa seperti berikut ini :

PHLEBOTOMI adalah Suatu tindakan pengambilan spesimen darah sbg bahan pemeriksan Laboratrium.

Jasa Phlebotomi adalah Jasa ATLM yang dibagikan sesuai dgn kesepakatan yaitu Jasa Umum dan BPJS dari pasien Rawat Inap dan IGD.

KEPERAWATAN adalah petugas medis yang melakukan phlebotomi di ruangan yang merawat pasien di ruangan dan IGD, terdiri dari Perawat dan Bidan.

Ruang Keperawatan adalah ruang untuk melakukan perawatan terhadap Pasien, seperti IGD, VK, ICU, Keperawatan lainnya, tidak termasuk Ruang Poli.

Dan buat beberapa Definisi lainnya untuk dipahami bersama.

Kedua,  untuk perhitungan pagian Jasa ATLM ini dihitung dari Remun. Dan perlu di catat adalah pembagian ini untuk pasien Rawat Inap dan IGD saja seperti yang sudah di sebutkan pada Definisi Operasional, karena untuk pasien Poli phlebotominya dilakukan oleh petugas Lab itu sendiri.

Ketiga, pembagian jasa ATLM ini berupa presentase dari jumlah pasien yang diperiksa ke Laboratorium. Mungkin setiap RS akan berbeda beda. Kami mengajukkan untuk pembagian jasa ini tidak lebih dari 3% (Tiga Persen). Kami merujuk dengan RS dengan tipe yang sama di salah satu RSUD diwilayah Banten.

Ke Empat, jika sudah disepakati bersama antara ATLM dan Keperawatan. Dibuat Surat Kesepakatan Bersama, supaya dimasa yang akan datang tidak diungkit - ungkit lagi tentang permasalahan yang sama.

Demikian informasi yang Saya bagikan, semoga bisa menengahi kisruh tentang phlebotomi ini ya. Dan jika tulisan ini banyak kekurangannya harap maklum, karena Saya kurang mahir menulis dan menganalisa. 

Selasa, 09 Februari 2016

Film Sun Wu Kong Seru

Film menceritakan raja kera yaitu Sun Wu Kong yang membangkang, kemudian di hukum oleh budha dan di 'segel' di bumi.

Sudah 500 tahun berlalu, akhirnya Sun wu kong bebas, oleh seorang biksu kecil yang tidak sengaja terbawa ke tempat dimana raja kera di segel.

Da Seng, begitu sebutan dari Sun Wu kong oleh biksu kecil ini. Yang akhirnya mereka berteman dan membantu pembebasan dari penculikkan anak - anak kecil oleh Raja Siluman Gunung.

Cerita selanjutnya, bisa kalian tonton ya. Rame dan seru pokoknya. Lashira sampai saat ini, suka banget nonton film ini. Hampir sehari sekali muter film ini.

Kalau ada film bagus, tolong rekomendasikan ya, saya ini pecinta film laga dan anime. Film anime terbaru seperti One punch man, ajin, dll Saya selalu update.

Ya saya akui, walaupun ngga semua film anime itu bagus ceritanya. Namun ada beberapa yang memang punya karya dan jalan cerita yang bagus.

Senin, 08 Februari 2016

Bukan ahlinya

Sudah dua minggu ini, Saya bermaksud hati untuk fokus mencaribuang dari ngeblog. Tapi, dikarenakan Saya tidak tau cara memulainya akhirnya Saya seperti babi dalam hutan.

Saya beruntung dimasukkan ke dalam sebuah wadah komunitas blogger (baru) di Indramayu. Namanya adalah Komunitas Blogger X Cimanuk, atau yang disingkat menjadi KBXC.

Jika dilihat dari isi materi yang di bahas di grup nya, mereka memang benar - benar serius mencari nafkah dari internet.

Berbeda dengan Saya, Saya ngeblog karena hanya suka menulis, suka menuangkan ide,dsb. Namun, jika dilihat dari obrolan temen - temen di Grup, Saya jadi merasa tertaril untuk mengukuti jejaka mereka, yaitu mencari nafkah dari internet.

Jika dibilang ahlinya, Saya hanya orang yang suka ngeblog, baru kali ini Saya meniatkan diri untuk mencari rupiah di internet. Namun, Saya sadar dengan keterbatasan Saya, Saya harua lebih giat untuk belajar agar keinginan Saya dapat terwujud.

Bukan sebuah keniacayaan, bahwa segala sesuatunya membutuhkan pengorbanan. Jika, yang selama ini Saya lakukan mungkin itu juga termasuk pengorbanan.

Sabtu, 06 Februari 2016

Duka yang tak sempat terucap

Tanggal 5 Januari 2016 tepat beberapa hari sebelum ulang tahun nya yang ke 55 Thn, bapak meninfgalkan Kami semua.

Jika ada cara yang baik, mungkin ini adalah cara yang baik. Tapi, Jika ini adalah cara yang kurang baik, maka perkenankanlah saya untuk mengkoreksi beberapa kejadian sebelum bapak pergi.

Bapak meninggal di RSUD Indramayu, beliau memiliki riwayat Hipertensi, pembengkakan jantung, Anemia dan Gagal Ginjal Kronik.

Saat itu 4 Januari, kebetulan saya sedang lepas jaga dan bapa sore hari menelepon, katanya bapak sedang menuju Indramayu. Memang, besok bapa jadwalnya untuk haemodialisa. Jadwal ruti HD bapak setiap hari Selasa dan Jumat.

Ketika maghrib tiba, bapak baru sampai d RSUD Indramayu, beliau waktu itu merasa sesak nafas. Yang dirasakan sesak itu sudah dimulai dari hari Kamis. Tapi sesak nafasnya aemakin hebat,beliau sempat ingin membeli tabung oksigen ukuran kecil.

Tapi, Allah punya kehendak lain, belum sempat Saya memberikan kemampuan terbaik saya, Allah sudah mengambilnya. Ada rasa penyesalan pada diri ini bahwa apa yang Saya lakukan belumlah memberikan apa - apa.

Untuk sebuah duka, Saya harus terus berjuang, bukan dengan kemauan tapi harus dengan segala daya upaya. Beruntung Saya hidup bukan dari bayang -  bayang bapak, alhasil Saya masih bisa terus memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi yang lain.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...