Manfaat Tidur

Posting Komentar
Bagaimana cara memanfaatkan tidur yang baik, saya kutip dari majalah nakita ternyata tidur itu memiliki beberapa manfaat seperti berikut :

1. Produksi Hormon Pertumbuhan.
Yupz pada dasarnya hormon ini meningkat saat tidur lelap menjelang larut malam. sekitar pukul 22.00 - 24.00, lewat tengah malam produksinya akan menururn dan sedikit naik pada pukul 3 pagi. Penjelasannya yaitu dikala kita tidur terjadi peningkatan produksi hormon pertumbuhan yang berguna untuk menyimpan dan memperbaiki struktur protein. Sintesis protein dibutuhkan saat penggantian jaringan, pelepasan hormon ini (yaitu untuk mengganti protein) efektif pada saat tidur malam. Selain itu juga saat hormon dapat mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga dikeluarkannya hormon lain seperti hormon yang berfungsi untuk mempertahankan tulang.

2. Kecerdasan
Saat terjaga terjadi perkembangan otak melalui stimulasi exogenous (dari luar tubuh), sedangkan waktu tidur yang cukup akan meningkatkan perkembangan otak melalui endogenous dan konsolidasi memori.

3. Regenerasi Sel
Pada saat tidur, sel - sel yang rusak akan tergnatikan oleh yang baru dengan meregenerasi dan membentuk sel baru. Setiap hari ada sel yang mati, jumlahnya tertentu dan diregenerasi dengan sel - sel baru. Keseimbangan sel - sel mati dan baru perlu di jaga, tanpa regenrasi sel dan jaringan fungsi organ akan menurun.

Nah, bagaimana kalo kita kurang tidur? jika kita kekurangan tidur tinggi badan kita ngga bakal cepet naiknya, kemampuan motorik tidak optimal, akan muncul gangguan emosi, kegemukan atau obesitas dan resiko diabetes meningkat.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar