Merajut Tali Silaturahim

Posting Komentar
Cucu & Cicit Bin ACA :) 



Cerita ini saya sampaikan ketika saya harus memahami dari mana silsilahku. Semenjak kecil saya selalu diceritakan bahwa saya memang dari keluarga besar yang semuanya tinggal di Bandung. Memang benar, di akhir bulan desember kemarin saya dan keluarga yang ada di Indramayu menghadiri undangan salah satu kerabat jauh di Bandung, teptnya di daerahCiharashas.

Dalam perjalanan menuju Ciharashas, Kami melewati Kabupaten Subang kemudian Purwakarta dan sampailah di Bandung Barat. Sebetulnya bukan kali ini saja saya ke Ciharashas, ini adalah kedua kalinya saya menginjakkan kaki disini. Pertama kali kesini yaitu ketika ada acara pertemuan keluarga besar dari keluarga Mbah Yaman dan Mbah Onong (kakek buyut saya), tapi pada saat itu saya masih sekolah dasar.

Saudara – saudara yang tinggal di Ciharashas merupakan keluarga dari orang tua buyut saya yaitu H. Apandi. Pada awalnya merekapun tidak mengenal saya, namun setelah orang tua saya mengenalkan diri bahwa bapak saya merupakan putra dari mak Ona, dan mak ona merupakan putra dari mbah Onong, barulah kita merasa satu saudara, saudara jauh yang tidak pernah bertemu.

Sebagian besar memang keluarga besar dari saya semuanya tinggal di sana, tapi ada juga yang merantau ke Indramayu seperti yang di lakukan oleh keluarga dari nenek saya (tiga orang) beserta kakak adiknya, ada juga yang ke Ciroyom dan sampai sekarang anak cucu mereka tidak pernah merajut tali silaturahim kembali ke Ciharashas. 

Saya pun sedikit bersyukur bisa di bawa ke sana ketika itu, saya jadi bisa melihat siapa – siapa aja saudara saya (walaupun jauh) di Ciharashas. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar