Kenali Gejalanya, Apakah Anda terkena Diabetes?

Posting Komentar

Setiap penyakit, pasti ada gejalanya. Demikian pula Diabetes Melitus (DM), gejala yang sering dirasakan adalah sering kencing (Poliuri), sering lapar (polifagi) dan sering haus (polidipsi). Sebagai tambahan jika Anda terkena diabetes akan sering mengalami penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya (misalnya, pasien tidak dapat menjalani diet, atau pasien tidak sedang sakit).

Pada DM, kadar gula tinggi di dakan darah. Gula ini tidak digunakan secara optimal oleh sel-sel tubuh. Maka dari itu, tubuh akan selalu memberikan sinyal ‘lapar’. Sinyal ini akan direspon oleh pikiran untuk ‘makan’. Oleh karena itu, pasien DM biasanya sering merasa lapar. Mengapa sering kencing? Karena gula bersifat menarik air, sehingga cairan tubuh akan tertarik masuk ke saluran kemih dan dibuang sebagai air kencing. Umumnya keluhan ini dirasakan oleh pasien terutama dimalam hari, dimana pasien bisa buang air kecil selama 3 – 4 kali dalam semalam. Karena kadar gula darah cenderung meningkat pada malam hari, maka kelhan sering kencing dirasakan pada malam hari. Sendangkan sering haus disebabkan  oleh manifestasi keluarnya cairan tubh yang berlebihan.

Selama beberapa bulan menderita DM, biasanya penderita akan mengalami penurunan berat badan. Ketika proses sekresi hormon insulin dari pankreas kurang mencukupi untuk mengubah gula menjadi tenaga, tubuh akan menggunakan simpanan lemak dan protein yang ada. ‘Pengurasan’ simpanan lemak dan protein dalam tubuh ini menyebabkan  berkurangnya berat badan. Meskipun pasien banyak makan, namun tetap saja berat badannya tidak kunjung bertambah, malah bahkan berkurang.  Adapun beberapa gejala tambahan lain pada penderita DM adalah seperti gatal – gatal diseluruh badan, penurunan libido, lemas, dan pada wanita sering dikeluhkan adanya keputihan.

Sumber : Dokter Kita Edisi 8-THN VI – Agustus 2011 hal 14

Jika ANDA berminat memiliki ALAT GULA DARAH dengan harga MURAH KUALITAS BAIK, silahkan Klik disini  atau SMS ke  087828993653 (24 jam) Untuk melihat HARGA dan JENIS BARANG
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar