Penanganan Diabetes Melitus (DM)

Posting Komentar

Ada penyakit dipastikan juga ada penaganannya. Jika seseorang sudah dipastikan menderita DM, maka jangan terburu – buru memberiksan obat – obatan antidiabetik. Ada empat tahapan dalam menangani Diabetes Melitus (DM) :
  1. Edukasi. Pasien DM harus mengerti apa itu Diabetes Melitus, penyebab, gejala, komplikasi, serta penanganannya. Dengan pemahaman pasien yang baik, maka pengobatan DMpun menjadi lebih terarah dan cepat berhasil.
  2. Olahraga. Olahraga yang dianjurkan pada pasien DM adalah olahraga yang tidak bersifat kompetitif, seperti jalan cepat, berenang, senam, bersepeda, dsb. Olahraga keras seperti tenis, badminton, sepakbola tidak dianjurkan. Tujuan dari aktivitas jasmani ini adalah mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan kepekaan insulin terhadap glukosa. Olahraga yang baik berkisar 30 menit, yang dilakukan sebanyak 3 kali seminggu. Jenis dan intensitas olahraga sangat bervariasi pada setiap individu, tergantung usia, jenis kelamin, berat badan dan penyakit yang diderita selain DM.
  3. Perencanaan makanan. Hal ini juga sangat tergantung pada masing – masing individu. Berapa jumlah karbohidrat, lemak dan protein harus disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas.
  4. Obat. Hal ini juga sangat tergantung pada masing – masing individu. Berapa jumlah karbohidrat, lemak dan protein harus disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas.

Biasanya observasi pasien  dilakukan selama 2 – 4 minggu tergantung kondisi pasien, pasien diminta untuk berolahraga dan melakukan perencanaan makan dengan baik. Setelah diealuasi kembali, ternyata kadar guladarah masih tinggi, maka saatnya memberikan obat antidiabetik. Namun pengobatan DM saat ini cenderung lebih agresif, namun tetap hati – hati. Artinya, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memberikan terapi obat. Apalagi jika pasiennya mengalami faktor risiko lain seperti obesitas, hipertensi, sakit jantung dan kolestrol tinggi maka sangat dianjurkan untuk segera melakukan terapi obat – obatan antidiabetik.


Sumber : Dokter Kita Edisi 8-THN VI – Agustus 2011 hal 15

Jika ANDA berminat memiliki ALAT GULA DARAH dengan harga MURAH KUALITAS BAIK, silahkan Klik disini atau SMS ke  087828993653 (24 jam) Untuk melihat HARGA dan JENIS BARANG
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar