Temulawak Bisa Turunkan LDL Kolestrol dan Lindungi Fungsi Hati

Posting Komentar
Jahe, Minuman Herbal | http://www.beritasatu.com/

Jakarta - Konsumsi obat kolesterol dalam jangka panjang dikatakan dr Arijanto Jonosewojo, SpPD bisa mengganggu fungsi hati, terutama bila dosisnya dinaikkan. Karenanya, bila sudah diberi obat dalam dosis tinggi, ia menyarankan agar pasien penderita kolesterol tersebut menggunakan obat herbal yang bisa melengkapi terapinya, misalnya temulawak.

"Selain untuk menjaga kebugaran, menambah nafsu makan, serta mengobati hepatitis, temulawak juga bisa menurunkan LDL kolesterol dan menaikkan kadar HDL," kata Arijanto di acara "The 1st Natural Wellness Symposium" di Ritz Carlton Hotel Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Arijanto, untuk mencegah terjadinya gangguan fungsi liver akibat konsumsi obat kolesterol dalam jangka panjang, konsumsi temulawak bisa menjadi solusi karena dapat membantu menurunkan LDL kolesterol, sekaligus menjadi hepatoprotektor atau penjaga hati.

"Dengan mengkonsumsi temulawak, hati bisa terlindungi dari efek samping simvastatin yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Sehingga terapi ini bisa mengobati sekaligus melindungi organ lain," jelas Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU Dr. Soetomo, Surabaya tersebut.

Walau tidak 100 persen aman, penggunaan obat herbal dikatakan Arijanto memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat kimia.

Namun saat menonsumsinya, menurut dia kaidah 4T+1W harus dipatuhi, yaitu tepat penggunaan, tepat pemakaian, tepat obat herbal, tepat dosis dan cara pemberian, serta waspada efek samping obat, sehingga kualitas, keamanan dan khasiat obat herbal tetap terjaga.

Penulis: Herman/FER
Sumber : http://www.beritasatu.com/kesehatan/177449-temulawak-bisa-turunkan-ldl-kolestrol-dan-lindungi-fungsi-hati.html
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar