Bahasa Inggris dari Bahasa Al Qur'an

Posting Komentar
http://yusufmansur.com/
Indramayu. Tadi secara tidak sengaja Saya membaca sampel (saya adalah petugah Laboratorium medis) yang bernama SURATMAN, nama orang masih keturunan Indramayu (jawa), (mungkin) hasil perhitungan weton jawa. Ya, biasanya orang jawa menggunakan perhitungan tertentu. Budaya ini sudah turun temurun, mungkin karena pengarus Islam-kejawen. 

Kentalnya budaya Jawa Islam-Kejawen di sekitar saya, merupakan fenomena menarik.

Kembali ke Nama Suratman, kalau di lahirkan di Amerika, mungkin artinya "Manusia (pengantar) Surat", atau bahasa Inggrisnya "Postman". Kita tahu bahwa ada ksatria pembela kebenaran atau super hero bernama Spiderman (Manusia Laba-laba), Batman (Manusia kelelawar).

Nama Suratman, adalah seorang laki - laki, Man dalam bahasa Inggris juga menunjukkan kepada (bentuk) Laki - Laki. Ini suatu hal kebetulan atau keajaiban? sedangkan Indonesia tidak pernah di jajah oleh Inggris dalam waktu lama. 

Dalam Bahasa Inggris, Jawa dan Arab, akhhiran MAN memang ditujukkan untuk "Sifat laki - laki", inilah bentuk - bentuk kata yang Saya baru terfikirkan. Jika memang demikian, bukan suatu hal kebetulan, karena dalam bahasa Inggris pengaruh bahasa Arab sudah masuk sejak abad pertengahan. Kalau Kita baca sejarah, Eropa pernah di taklukan oleh Arab.

Sedangkan orang - orang Jawa, sebagian besar penduduknya adalah beragama Islam-Kejawen, Islam di Jawa sudah ada sejak abad ke 17, mulai dari kerajaan Demak, Mataram, dsb. Konon, menurut sejarah Sistem Kerajaan yang berada di Jawa masih ber afiliasi dengan kerajaan Ottoman (usmaniah).

Artikel ini Saya buat, karena Saya penasaran, ternyata memang ada Hubungannya antara Jawa dan Islam, Inggris dan Islam, dan mungkin Eropa dan Islam. 

PERGESERAN BUDAYA

Jika Saya kembali buka buku pelajaran yang pernah saya dapatkan, Hal ini tidak membuat heran bagi Saya, karena pada awalnya bahasa itu satu, yaitu bahasa Ilahi, atau Al-Asma. wahyu yang diturunkan kepada Adam A.S, karena ada yang tidak hidup patuh dengan yang Haq, maka dengan sendirinya, yang Bathil akan di hancurkan dan yang Haq diselamatkan. Begitu seterusnya, pada perkembangan kelanjutan Sunnah kerasulan lainnya.

Yang Haq diselamatkan, dan yang Bathil di hancurkan, dan juga banyak yang lari tunggang langgang dari azab yang Allah turunkan. Semuanya tercatat rapih dalam Al - Qur'an. Saya ngga akan menulis kelanjutan tulisan ini, karena Saya belum mendalami lebih jauh lagi. Pada intinya, arti dari "Bahasa" adalah alat komunikasi suatu bangsa dalam menyampaikan bentuk kesadarannya


Link - Link Pendukung : 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar