Penyakit-penyakit Ini Perlu Diwaspadai di 2017

Posting Komentar
Meskipun fenomenanya mulai meredup, bukan berarti virus zika telah pergi jauh dari negara kita.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr M Subuh, setidaknya ada tiga penyakit berbahaya yang akan kembali menjangkit di 2017. Salah satunya virus zika.

Ia mengatakan kalau ketiga penyakit itu bukanlah penyakit baru. Namun, penyakit yang sudah pernah hilang tapi muncul kembali.

Ilustrasi Penanganan Flu Burung. (Sumber : http://jogja.tribunnews.com)


Seperti virus zika, demam berdarah dengue (DBD), dan flu burung. Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) meminta masyarakat untuk mewaspadai ketiga penyakit ini.

Sebab penyakit itu bisa saja muncul kembali pada tahun 2017 mendatang.

"Contohnya zika, itu kan bukan new emerging tapi reemerging yang kita lupakan tapi muncul kembali. Ini yang harus kita waspadai. DBD adalah penyakit emerging yang jadi langganan kita, penyakit ini harus diantisipasi pada tahun 2017 mendatang," Jelas  Subuh saat Jumpa Pers di Kemenkes, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Pada Desember ini, setelah Korea Selatan, wabah flu burung perlahan mulai melanda Jepang. Di bulan itu, setidaknya petugas kesehatan di Jepang telah memusnahkan sekitar 122.000 unggas peliharaan.

Menurut Subuh, ancaman flu burung perlu diwaspadai sebab tingginya kasus kematian akibat flu burung di Tiongkok.

Untuk mencegah ancaman flu burung, Kemenkes akan membuka pusat pemantauan penyakit epidemi (Epidemiologist Operation Centre) selama 24 jam di Indonesia.

"Dengan EOC ini kita bisa memantau penyakit apa saja yang diidap masyarakat Indonesia selama 24 jam. Kita bekerja sama dengan jaringan di negara-negara lain seperti CDC Atlanta USA, Asia Timur dan sebagainya untuk saling bertukar informasi terkini seputar penyakit yang sedang jadi epidemi," ujarnya.
Baca juga :
Kementan Ciptakan Vaksin Tekan Kematian Sapi
Mengenal Tiga Vaksin Baru yang Akan Ditambahkan di 2017
Peneliti Gagal Ciptakan Obat Kekurangan Hormon

Sumber : 
Tribun News Jogja. 2017. Penyakit-penyakit Ini Perlu Diwaspadai di 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2017. Link ; http://jogja.tribunnews.com/2016/12/31/penyakit-penyakit-ini-perlu-diwaspadai-di-2017
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar