Cara Meningkatkan Hemoglobin

Makanan untuk menaikkan Hb. (Foto : Pakar Vitamin)

ImadAnalis. Banyak hal yang menyebabkan mengapa seseorang sering mengalami anemia atau kurang darah, namun biasanya faktor yang paling umum adalah karena kurangnya asupan gizi terutam zat besi didalam tubuh kita sehingga hal ini menyebabkan produksi sel darah merah menjadi menurun. Hemoglobin akan terbentuk dalam tubuh ketika kita makan-makanan yang kaya hemoglobin. Berikut ini tentang sumber makanan yang menyediakan semua elemen yang diperlukan untuk pembentukan hemoglobin.


1 . Seafood : 
Seafood adalah makanan sumber hemoglobin. Berbagai jenis makanan laut seperti tuna, kerang, lele, salmon, tiram dan sarden merupakan sumber hemoglobin yang baik. 

2 . Daging : 
Daging adalah sumber makanan paling kaya hemoglobin. Daging juga mengandung vitamin B – 12, yang juga berguna untuk membantu  menjaga tingkat zat besi yang normal dalam tubuh. Daging merah adalah sumber hemoglobin terbaik. 

3 . Telur : 
Kuning telur merupakan sumber yang juga sangat kaya hemoglobin. Kuning telur kaya zat besi yang membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin. 

4 . Produk susu :
Produk susu seperti susu, buttermilk, dadih dan keju juga merupakan sumber hemoglobin yang baik. 

5 . Kacang-kacangan : 
Kacang-kacangan seperti buncis, kacang kering, pinto atau kacang putih mengandung jumlah zat besi yang baik. Labu dan biji labu juga dapat membantu untuk meningkatkan tingkat hemoglobin dalam darah . 

6 . Sayuran : 
Sayuran seperti bit dan bayam, yang banyak tersedia di pasar sangat membantu dalam pembentukan hemoglobin. Hal ini membantu untuk meningkatkan tingkat jumlah sel darah merah. 

7 . Buah : 
Buah-buahan juga merupakan sumber terbesar dari zat besi. Buah juga banyak mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral, yang sangat penting bagi tubuh manusia . Buah yang kaya akan zat besi adalah semangka, kismis, anggur, tomat, apel, pisang, jeruk, stroberi dan alpukat . 


8 . Rempah-rempah : 
Rempah-rempah seperti thyme, jinten, oregano, kunyit, jahe, kemangi, kayu manis merupakan sumber yang kaya zat besi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyertakan rempah-rempah ini kedalam diet Anda. 

9 . Biji-bijian : 
Biji-bijian seperti , tepung terigu, beras, beras merah, sereal dan roti juga merupakan sumber zat besi. Seluruh biji-bijian juga merupakan sumber serat terbaik. 

10 . Buah kering : 
Buah yang dikeringkan seperti aprikot, plum, kurma dan kismis adalah juga merupakan sumber hemoglobin. Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah kering akan membantu dalam membentuk pigmen merah dalam darah. 

11 . Cokelat : 
Kabar baik bagi pecinta cokelat, karena makan coklat yang terbuat dari 60% kakao juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Dark cocolate adalah cokelat terbaik bagi kesehatan, karena terbuat dari 65% kakao. 


Apakah anda sedang mencari artikel lain seperti : hemoglobin cyanmeth, hemoglobin count, hemoglobin chemical structure, hemoglobin curve, hemoglobin capillary electrophoresis, hemoglobin co, hemoglobin child normal, hemoglobin carries oxygen and carbon dioxide, hemoglobin composition, hemoglobin count 6, hemoglobin cycle, hemoglobin colour, hemoglobin carbamate, hemoglobin capillary electrophoresis ppt, hemoglobin chemotherapy, hemoglobin concentration pdf, hemoglobin conversion g/dl to mmol/l, hemoglobin child, hemoglobin count method, hemoglobin dalam sel darah merah mengandung, hemoglobin darah adalah, hemoglobin dan hematokrit rendah, hemoglobin dalam darah, hemoglobin dalam sel darah merah berfungsi, hemoglobin dalam sel darah merah berguna untuk, hemoglobin diatas normal, hemoglobin dan hematokrit, hemoglobin dan mioglobin, hemoglobin dan fungsinya, hemoglobin definisi.

Sumber : 
  1. Cara Khasiat Manfaat. (2017). Inilah Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Hemoglobin. Tersedia ; http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/inilah-makanan-terbaik-untuk-meningkatkan-hemoglobin.html. (07 November 2017). 
  2. Amelia Tips. (2017). 10 Dampak Negatif Akibat Kurang Darah (Anemia). Tersedia ; http://www.ameliatips.com/2016/04/10-dampak-negatif-akibat-kurang-darah.html. (07 November 2017). 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts