Informasi Ahli Hematologi (Hematologist)

 
Hematologist-information. (Foto :https://www.employmentfirst.net)
Imad Analis. Hematologi adalah subspesialisasi medis internal yang berfokus pada perawatan pasien dengan gangguan darah, sumsum tulang, dan sistem limfatik.



Masalah klinis pada bidang hematologi, meliputi:
  • Anemi
  • Keganasan hematologi dan proses klonal lainnya
  • Gangguan hemostasis kongenital dan didapat, koagulasi, dan trombosis
Ahli hematologi (Hematologist) dapat mengurus praktik hematologi secara independen di mana pasien dengan penyakit hematologi diikuti secara longitudinal, meskipun komponen besar dari praktik hematologi menyediakan layanan konsultatif untuk dokter atau institusi medis lainnya. Beberapa ahli hematologi mempertahankan pemisahan praktik, karena hematologi dan pasien umum penyakit dalam. 



Hematologi paling sering digabungkan dengan pelatihan dalam onkologi dalam program fellowship gabungan hematologi-onkologi. Pelatihan ganda ini mempersiapkan seorang internis untuk mendiagnosis, mengobati, dan mengelola berbagai macam penyakit terkait.

Pelatihan Fellowship Hematologi

 
Pelatihan fellowship Hematologi membutuhkan dua tahun pelatihan terakreditasi di luar penyelesaian residensi medis internal umum, sementara sertifikasi ganda dalam hematologi dan onkologi medis membutuhkan tiga tahun pelatihan gabungan pelatihan. Setelah menyelesaikan pelatihan fellowship, peserta pelatihan memenuhi syarat untuk sertifikasi dewan dalam hematologi oleh American Board of Internal Medicine. 

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda.
Sumber :
  • American College of Physicians. (2018). Hematology. (Tersedia ; https://www.acponline.org/about-acp/about-internal-medicine/subspecialties/hematology). (30 Maret 2018)
Baca juga :
 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts