Jumlah Kasus Baru Kanker Meningkat secara Global

Posting Komentar

Jumlah kasus kanker baru meningkat 20% dalam waktu 6 tahun. Di tahun 2008, lebih dari 12,6 juta kasus kanker didiagnosa di seluruh dunia, meninkat 10 juta disbanding tahun2002. Diperkirakan angka ini akan meningkat menjadi 21 juta di tahun 2030, begitu menurut laporan World Cancer Research Fund (WCRF). Angka kasus kanker cenderung lebih tinggi di Negara-negara kaya, tapi juga meningkat di negeri berkembang.

Setiap tahun, lebih dari 12 juta orang di seluruh dunia didiagnosa dengan penyakit ini. Sekitar 2,8 juta kasus dikaitkan dengan diet buruk, kurang olahraga dan kelebihan berat badan. Menurut ahli kesehatan dunia, banyak kanker yang bisa dicegah jika orang-orang menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Jumlah ini bisa meningkat secara dramatis karena orang-orang cenderung tak banyak gerak dan kenaikan berat badan.
Prof Martin Wiseman, medical and scientific adviser WCRF mengatakan, kanker dan penyakit yang terkait dengan gaya hidup adalah salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi saat ini.

“Banyak orang yang belum menyadari, bahwa factor resiko seperti alcohol dan obesitas berefek pada risiko kanker. Di saat Negara-negara menjadi lebih urbanis, mereka jadi lebih rentan terhadap penyakit barat yang biasa kita lihat. Bukan hanya kanker, tapi juga penyakit jantung koroner, diabetes, obesitas, dan penyakit paru,” kata prof martin Wiseman.

Menurut WCRF, kasus kanker yang paling umum di seluruh dunia adalah kanker paru, kanker payudara, kanker bowel, kanker perut, prostat, cerviks, esophagus, liver, kandung kemih, dan non-Hodgkin’s lymphoma.

Sumber : Aura Edisi 33/th.XV/minggu ke-2/September 2011|hal 13

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar