Lebih Mengenal Kalender Hijriyah

Posting Komentar
Ilustrasi (eramuslim.com)



Mari kita sebagai ummat Islam lebih mengenal jati diri islam itu sendiri, karena gempuran-gempuran yang bersifat liberalis masuk dari segala arah. Lihat saja televisi, disana ada banyak tamu yang tak di undang, karena dari sanalah semua masalah timbul.

Kalender Hijriah digunakan untuk menetukan ibadah seorang Muslim, jangan merujuk pada aturan yang dibuat orang Yahudi dengan Kalender Masehinya, Kalender yang digunakan tersebut bukanlah rujukan yang baik bagi ummat Islam. Kalender Hijriyah atau Kalender Islam (bahasa Arab: التقويم الهجري; at-taqwim al-hijri), adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya (Wikipedia.org)

Nama - Nama dan arti dibalik Bulan Hijriyah (Islam) :

Muharram
Muharam artinya diharamkan. Bulan ini merupakan bulan yang termasuk dalam daftar bulan-bulan yang diharamkan berperang.

Safar
Safar adalah bulan ke-2 dalam bulan Islam yang berarti kosong, karena penduduk Arab ketika itu keluar dari kampung mereka karena berperang dan mencari makanan sebagai persiapan menghadapi musim panas. Rumah menjadi kosong.
Rabiulawal dan Rabiulakhir
Rabiulawal dan Rabiulakhir artinya musim bunga yaitu biasanya waktu ini pohon mengeluarkan bunga dan tumbuhan hijau. Rabiulawal dan Rabiulakhir merupakan bulan Islam yang ke-3 dan ke-4.
Jumadilawal dan Jumadilakhir
Jumadilawal (Jumada al-Awwal) dan Jumadilakhir (Jumada al-Akhir), merupakan bulan ke-5 dan ke-6. Kata Jumada berarti kemarau di mana bulan ini merupakan musim kemarau yang dimulai pada bulan Jamadilawal dan berakhir pada Jamadilakhir.
Rajab
Rajab adalah bulan ke-7 pula berarti mengagungkan dan membesarkan. Menurut sejarahnya, bulan Rajab dimuliakan orang Arab dengan menyembelih anak unta pertama dari induknya. Pada bulan ini dilarang berperang dan pintu Ka'bah dibuka.
Sya'ban
Sya'ban berarti bertebaran / pecahan yang banyak, di mana pada zaman Arab sebelum Islam mereka keluar bertebaran pada bulan ini setelah terpaksa berkurung di rumah ketika bulan Rajab. Pada bulan ini juga, mereka keluar beramai-ramai mencari air dan makanan.
Ramadhan
Ramadhan merupakan bulan ke-9 dalam kalender Islam. Ia berarti terik atau terbakar, karena biasanya pada bulan ini, cuaca sangat terik dan panas di Semenanjung Arab. Dan setelah Islam menapak, bulan ini merupakan bulan puasa bagi umat Islam.
Syawal
Syawal pula dinamakan sempena dengan musim di mana unta kekurangan susu pada waktu ini. Syawal dalam bahasa Arab berasal dari kata kerja Tasyawwala yang berarti sedikit atau berkurang. Manakakala setelah kedatangan Islam, Syawal adalah bulan peningkatan kesejahteraan setelah melewati masa pelatihan pengendalian diri selama sebulan penuh dengan puasa Ramadan. Pada awal bulan Syawal, kaum Muslim merayakan Idul Fitri atau perayaan yang menandai kemenangan melawan hawa nafsu. Syawal adalah bulan ke-10 dalam kalender Hijrah.

Zulkaidah
Dzulqa'idah merupakan bulan ke-11, ia mengacu kepada kebiasaan penduduk Arab zaman sebelum Islam tidak berperang karena ia termasuk dalam bulan-bulan haram berperang. Kata Metode itu berasal dari 'Qa' ada 'yakni duduk.

Zulhijjah
Dzulhijjah adalah bulan ke-12 dan bulan terakhir Hijrah. Ia disebut Zulhijah (Ar.: Zu al-Hijjah) yang berarti "yang empunya haji". Pada zaman sebelum kedatangan Islam, bulan ini merupakan bulan untuk melakukan ibadah haji ke Mekah (Ka'bah). Setelah kedatangan Islam, ibadah haji masih tetap dilaksanakan pada bulan Zulhijah yakni pada tanggal 8, 9 dan 10 Zulhijah.

Wallahu’alam. (http://apanamadotcom.wordpress.com)
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar