Pemilihan Reagen Untuk Test HIV

Posting Komentar
Rapid Test for HIV


Di Indonesia jumlah penyandang HIV kurang dari 10% populasi, sesuai dengan saran dari WHO dan UNG pemeriksaan HIV di Indonesia mengikuti pemeriksaan strategi tiga, yakni pemeriksaan yang dilakukan harus dengan tiga jenis reagen yang berbeda.

Syarat reagen pertama adalah reagen yang paling sensitif yang ada di Indonesia, yaitu diatas 99%. Jika hasil pemeriksaan pertama reaktif maka dilanjutkan dengan reagen kedua. Jika reagen kedua reaktif, maka dilanjutkan dengan reagen ketiga. Jika hasil dari ketiga reagen  tersebut reaktif maka dinyatakan sebagai "reaktif".

Syarat reagen kedua dan ketiga adalah spesifitasnya yang tinggi (spesifik terhadap virus HIV). Agar hasilnya akurat, dalam melakukan pemeriksaan ketiga antigen yang digunakan harus berbeda atau bisa menggunakan antigen yang sama tetapi metode yang dipakai untuk setiap pemeriksaan berbeda.

Rangkaian tiga pemeriksaan ini harus dilakukan sebelum mengumuman hasilnya. namun jika pemeriksaan pertama negatif maka tidak perlu dilanjutkan pemeriksaan kedua dan ketiga.

Sumber :
Dokter Kita Edisi 2 - Thn VII - Februari 2012 Hal 56

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar