Tes HIV. Dimana? dan Saran Untuk Laboratorium

Posting Komentar
Analis Kesehatan - Laboratorium


Untuk pemeriksaan penyaring sudah dapat dilakukan di semua rumah sakit pemerintah, pusat-pusat kesehatan dan beberapa laboratorium swasta. Untuk pemriksaan konfirmasi dapat dilakukan di RSCM, RS Sulianti Saroso, dan Balai Laboratorium Kesehatan Surabaya.

Saran Untuk Laboratorium

Untuk menjaga agar tidak salah diagnosis, apalagi HIV mempunyai dampak sosial maka Dr. Jully menyarankan kepada laboratorium untuk tidak mengeluarkan hasil setelah pemeriksaan pertama saja. Harus dilanjutkan pemeriksaan kedua dan ketiga. Apalagi jika hasilnya positif, diagnosisnya harus benar - benar dipastikan. Jika hasilnya meragukan laboratorium biasanya akan meminta bahan baru untuk diperiksa. "Jangan ragu jika nanti saat Anda melakukan tes HIV, kadang-kadang Anda akan kembali diminta bahan pemeriksaan oleh laboratorium untuk memastiksan diagnosisnya tidak salah", tegasnya.


Sumber :
Dokter Kita Edisi 2 - Thn VII - Februari 2012 Hal 56
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar